Tanda-tanda Kanker pada Wanita

Tanda-tanda kanker pada wanita. (Foto: pixabay)

Sukoharjonews.com – Dari siklus menstruasi hingga menopause, tubuh wanita mengalami banyak hal. Dan terkadang merasa berbeda adalah hal yang wajar. Namun ada baiknya Anda memeriksakan gejala baru ke dokter. Beberapa perubahan bisa menjadi tanda kanker .


Dilansir dari WebMD, Minggu (18/2/2024), Beberapa kanker yang paling umum diderita wanita meliputi: Dada,Kolorektal ( kolon dan rektum),Paru-paru,Serviks,Endometrium (lapisan rahim),Kulit. Perlu diingat bahwa banyak kemungkinan gejala kanker juga bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan lainnya. Dan untuk kanker yang menyerang pria dan wanita, gejalanya cenderung sama untuk kedua jenis kelamin. Namun penting untuk memberi tahu dokter Anda jika Anda melihat tanda-tanda peringatan tertentu.

Perubahan Payudara atau Puting
Benjolan bukan berarti Anda menderita kanker payudara . Namun periksalah produk baru, terutama jika produk tersebut bertahan lebih dari beberapa minggu.

Gejala lain yang harus diwaspadai meliputi:

1. Payudara bengkak (dengan atau tanpa benjolan)
2. Benjolan di ketiak atau tulang selangka
3. Keluarnya cairan dari puting , berdarah atau bening
4. Putingnya mengarah ke dalam
5. Kulit yang tampak seperti kulit jeruk (lesung pipit)
6. Nyeri payudara atau puting
7. Puting atau kulit payudara merah, gatal, atau tebal


Sakit Perut, Panggul, atau Punggung
Nyeri pada tubuh Anda biasa terjadi pada kondisi seperti endometriosis . Bisa juga kram akibat siklus menstruasi Anda . Namun nyeri atau tekanan yang berlangsung lama di perut, panggul, atau punggung bisa menjadi tanda beberapa jenis kanker. Itu termasuk kanker kolorektal, ovarium, dan endometrium.

Kembung
Merasa bengkak setelah makan besar atau sebelum menstruasi adalah hal yang wajar. Namun beri tahu dokter jika Anda terlihat kembung setiap hari selama beberapa minggu. Ini bisa jadi merupakan tanda kanker ovarium atau jenis kanker lainnya.

Perubahan Kencing
Infeksi saluran kemih adalah alasan umum mengapa kebiasaan buang air kecil Anda berubah. Namun masalah kencing terkadang merupakan tanda dari sesuatu yang lebih serius. Temui dokter Anda segera jika Anda memiliki darah dalam urin Anda . Ini bisa menandakan infeksi saluran kemih , tapi bisa juga merupakan gejala kanker kandung kemih atau ginjal .


Menurunkan Berat Badan Tanpa Mencoba
Anda dapat menurunkan kemungkinan terkena kanker jika Anda menjaga berat badan normal . Namun beritahu dokter jika berat badan Anda turun 10 pon atau lebih tanpa melakukan diet . Kanker dapat menyebabkan berat badan Anda turun.

Pendarahan atau Keputihan di Luar Periode
Beritahu dokter Anda jika Anda mengalami flek di antara menstruasi atau mengeluarkan cairan berdarah dan berbau. Hal-hal tersebut biasanya disebabkan oleh adanya infeksi. Namun terkadang itu merupakan tanda kanker serviks, vagina, atau endometrium .

Jika Anda telah mengalami menopause, segera temui dokter jika Anda mengalami pendarahan. Itu tidak normal.

Kelelahan
Jadwal yang padat dapat menguras energi Anda. Anda akan merasa lebih baik setelah tidur malam yang nyenyak . Jika tidak, beri tahu dokter Anda. Kelelahan serius yang tidak kunjung hilang bisa menjadi tanda kanker.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *