Tahukan Anda Bagaimana Sejarah Ponsel yang Sedang Anda Genggam? Simak Penjelasannya Disini!

Sejarah ponsel. (Foto: terasbatam)

Sukoharjonews.com – Kita semua sudah terbiasa dengan ponsel pintar yang menjadi bagian integral dari kehidupan kita, namun belum lama ini, perangkat ini belum ada.

Jadi bagaimana kita sampai di sini? Bagaimana kita beralih dari kaleng dengan tali menjadi seluruh dunia dalam genggaman tangan kita? Kapan telepon seluler keluar dan apa telepon seluler pertama?


Dilansir dari Versus, Jum’at (19/1/2024), sejarah ponsel dan mempelajari semua tentang evolusi perangkat penting ini, atau gunakan alat perbandingan Versus ponsel untuk membandingkan beberapa ponsel ini dan banyak ponsel lainnya.

kapan telepon genggam pertama kali ditemukan?
Ponsel portabel pertama kali ditemukan pada tahun 1973 oleh Motorola . Pada tanggal 3 April 1973, insinyur Motorola Martin Cooper melakukan panggilan telepon seluler pertama kali dengan DynaTAC 8000X.

Prototipe yang ia gunakan memiliki berat 2,4 lb (1,1 kg) dan berukuran 9,1 x 5,1 x 1,8 in (23 x 13 x 4,5 cm). Perangkat kikuk ini menawarkan waktu bicara hanya 30 menit dan memerlukan 10 jam untuk mengisi ulang. Sebelumnya, memiliki telepon mobil adalah cara terdekat untuk tidak terikat dengan telepon rumah. Ponsel DynaTAC dihargai $3.995, setara dengan $10.000 saat ini.


Kapan ponsel menjadi populer?
Ponsel menjadi populer selama revolusi seluler yang dimulai pada tahun 90an . Pada tahun 1990, jumlah pengguna ponsel adalah sekitar 11 juta; pada tahun 2020, jumlah tersebut meningkat menjadi 2,5 miliar.
Tentu saja, selama ini, kita telah melihat ponsel “bata” yang terkenal berevolusi menjadi sesuatu yang jauh lebih mengesankan… tapi mari kita lihat bagaimana sebenarnya ponsel tersebut berevolusi.

1985Ponsel Siemens pertama
Ponsel Siemens pertama adalah Siemens Ponseltelefon C1 yang hadir dalam bentuk koper. Ya, Anda membacanya dengan benar. Orang-orang yang memiliki ponsel sebenarnya adalah sebuah koper. Setelah itu, menyusul beberapa ponsel kompak lainnya


1987Ponsel Nokia pertama
Pada tahun 1987, Nokia meluncurkan ponsel pertamanya, Mobira Cityman 900 . Ponsel ini hanya berbobot 800g (28 oz) termasuk baterainya, dan dianggap mahal dan eksklusif bagi mereka yang berstatus lebih tinggi.

1988 Ponsel Samsung pertama
Setahun kemudian, pada tahun 1988, Samsung mengembangkan “ponsel” pertamanya – SH-100. Ini secara resmi merupakan ponsel pertama yang dirancang dan diproduksi di Korea.

1989 Ponsel lipat pertama
Setelah banyak ponsel serupa bergaya bata, Motorola kembali berinovasi dengan menghadirkan desain “flip” ke pasar. Sebelum model MicroTAC Motorola, sebagian besar ponsel berukuran besar dan biasanya dipasang di mobil karena ukurannya.


1992 Ponsel GSM (2G) pertama
Saat kita memasuki tahun 90an, badan ponsel menjadi lebih kecil dan antenanya lebih tipis. Pada tahun 1992, inovasi besar berikutnya hadir dalam bentuk Nokia 1011, yang merupakan ponsel GSM (2G) pertama yang diproduksi secara massal.

1994 Ponsel pintar pertama (dan ponsel layar sentuh)
Ponsel pintar pertama kali diperkenalkan lebih cepat dari yang dibayangkan banyak orang. Dirilis pada tahun 1994, Simon dari IBM adalah perangkat pertama yang memiliki fitur aplikasi dan layar sentuh, sehingga dianggap sebagai ponsel pintar pertama di dunia.


1999 Telepon GSM tri-band pertama
Sekali lagi, Motorola membuat lompatan maju dengan menghadirkan Motorola Timeport, ponsel pertama yang mampu bekerja di seluruh dunia.

Browser ponsel WAP pertama
Motorola bukan satu-satunya perusahaan yang berinovasi tahun ini; Nokia juga merilis perangkat dengan fitur inovatif. Nokia 7110 adalah ponsel pertama yang memiliki fitur browser WAP yang memungkinkan pengguna menjelajahi internet.


Ponsel pertama + pemutar MP3
Tidak puas membiarkan Motorola dan Nokia meraih kejayaan pada tahun 1999, Samsung mengeluarkan ponsel revolusioner mereka sendiri — Samsung SPH-M100 Uproar. Ini menggabungkan fitur ponsel dengan pemutar MP3, sehingga memberikan pengguna pilihan untuk memutar musik. Ponsel ini bahkan memiliki tombol putar/jeda khusus yang terletak di tengah.

Ponsel pertama yang tahan percikan air
Nokia 5210 adalah ponsel pertama yang memiliki fitur casing tahan cipratan air dan merupakan salah satu model paling populer pada masa itu.


Ponsel pertama yang mendukung GPS
Pada tahun yang sama, Benefon Esc! diluncurkan, sehingga ponsel menjadi pertama yang memiliki fitur kemampuan GPS.
Dan ya, kami harus menyebutkan favorit semua orang, emoji, yang juga ditemukan pada tahun itu.

Ponsel kamera pertama
Mahkota ponsel kamera pertama agak diperebutkan. Meskipun beberapa orang mengklaim bahwa itu adalah Sharp J-SH04, sebenarnya itu adalah ponsel Jepang lain yang diluncurkan setahun sebelumnya – Kyocera VP-210 VisualPhone. Ini menampilkan kamera depan dan hanya memiliki cukup memori untuk menyimpan 20 foto. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang kamera ponsel dan garis waktu kamera secara umum, lihat postingan kami tentang sejarah fotografi. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *