Suzuki Ertiga Hybrid 2022, Cek Disini Spesifikasi dan Harganya

Suzuki Ertiga Hybrid 2022. (Foto: Ardiantoyugo)

Sukoharjonews.com – Setelah tipe Ertiga Sport Hybrid 2022, kali ini kami akan membahas Ertiga Hybrid 2022. Resmi hadir di Indonesia, Ertiga Hybrid 2022 memang tidak mengalami banyak perubahan dari segi interior maupun eksteriornya. Hanya saja, Suzuki memberikan sentuhan perubahan yang cukup signifikan pada bagian mesin yang sudah menggunakan teknologi mild hybrid.


Dikutip dari Ardiantoyugo, Rabu (15/6/2022), secara garis desain Suzuki Ertiga Facelift 2022 memang hanya terdapat beberapa sentuhan kecil. Konsep desainnya benar-benar masih sama persis dengan Suzuki Ertiga generasi sebelumnya. Perubahan yang mencolok terlihat pada bagian grill depan yang hadir dengan desain baru dan dengan finishing chrome.

Selain itu, pada bagian panel tengah pintu belakang juga dihiasi dengan ornamen chrome pada bagian atas. Selebihnya, soal body mobil sendiri terlihat masih sama persis alias hanya perubahan minor saja untuk eksterior.

Untuk yang menggunakan teknologi mild hybrid, hanya tersedia pada tipe GX dan juga Suzuki Ertiga Suzuki Sport Hybrid. Sedangkan untuk tipe lainnya seperti Suzuki Ertiga GA dan juga GL masih tetap menggunakan mesin lawas alias belum Hybrid. Sistem hybridnya sendiri cukup mirip mild hybrid dengan tambahan baterai kecil yang berada di bagian bawah jok penumpang.

Fungsinya, saat indikator baterai di atas 2 bar, motor listrik akan membantu mesin bensin saat berakselerasi. Ketika melakukan deselerasi atau lepas gas maka mesin bensin akan melakukan pengisian baterai. Motor ini dinamakan dengan “Integrated Starter Generator” (ISG) yang berfungsi menjadi power assist atau tenaga pembantu untuk mesin. Terdapat pula idle start stop yang membuat mesin mati saat di lampu merah dan mesin akan otomatis nyala ketika mau berjalan tanpa harus menekan tombol starter.

Fitur Suzuki Ertiga Hybrid 2022
Untuk fitur, Suzuki Ertiga Hybrid 2022 ada beberapa hal yang baru. Pertama adalah penggunaan spion dengan auto folding. Ketika dikunci saat parkir maka spion bisa otomoatis terlipat, dan ketika dibuka kunci maka spion bisa otomatis terbuka. Fitur menarik lainnya adalah hadirnya Cruise Contro yang digunakan untuk mengunci kecepatan tertentu tanpa harus menginjak pedal gas.

Untuk versi Indonesia belum dibekali dengan paddle shift seperti Suzuki Ertiga Hybrid India. Perubahan lain ada pada instrument cluster. Terdapat indikator motor bensin dan juga indikator motor listrik.

Berikut beberapa fiturnya untuk tipe tertinggi:

– spion auto retract
– sistem mild hybrid
– idle start stop
– cruise control
– antena baru lebih tebal
– terdapat baterai lithium di bagian bawah jok penumpang baris depan
– vehicle stability control (VSC)
– electronic brake force distribution (EBD)
– dual SRS air bag
– anti lock braking system (ABS)
– hill hold control khusus transmisi matic
– Interior Suzuki Ertiga Hybrid

Untuk interior, Suzuki Ertiga Hybrid 2022 tidak banyak perubahan yang dilakukan. Untuk tipe Suzuki Ertiga Suzuki Sport Hybrid kini bagian dashboard menggunakan hiasan motif karbon yang menggantikan motif panel kayu pada model sebelumnya. Sedangkan untuk Suzuki Ertiga Hybrid GX menggunakan ornamen kayu berwarna lebih hitam Hal tersebut juga terdapat pada bagian door trim.

Salah satu bagian interior yang baru adalah pada bagian atap yang menggunakan warna abu-abu cerah, menggantikan sebelumnya yang menggunakan warna krem. Selain itu secara garis besar masih terlihat sama persis dengan model sebelumnya.

Suzuki Ertiga Hybrid 2022. (Foto: Ardiantoyugo)

Spesifikasi Suzuki Ertiga Hybrid 2022
Bicara mengenai spesifikasi, Suzuki Ertiga Hybrid 2022 masih menggunakan mesin berkapasitas 1,462 cc (K15B) dengan tambahan ISG dan Lithium Ion Battery. Mesin ini memiliki konfigurasi 4 silinder, 4 katup per silinder, DOHC, dan berpendingin cairan. Tenaga puncaknya masih sama yakni 104,7 PS pada 6.000 rpm. Sedangkan torsi maksimalnya mencapai 138 Nm yang diraih pada 4.400 rpm.

– Jenis/Type: Suzuki Smart Hybrid (K15B + ISG + Lithium Ion)
– Silinder/Number of cylinders: 4 silinder
– Jumlah katup/Number of valves: 4 katup per silinder
– Isi silinder/Piston displacement: 1.462cc
– Diameter x langkah/Bore x stroke: 74,0mmx85,0mm
– Perbandingan kompresi/Compression ratio: 10,5 : 1
– Daya Maksimum/Maximum output: 104,7 PS @ 6.000 rpm
– Momen puntir maksimum/Maximum torque: 138 Nm @ 4.400 tpm
– Distribusi bahan bakar/Fuel distribution: Multipoint Injection.

Harga Suzuki Ertiga Hybrid 2022
Nah, soal harga, untuk teknologi hybrid ini hanya tersedia pada dua tipe yakni Suzuki Ertiga GX Hybrid dan juga Suzuki Ertiga Suzuki Sport Hybrid. Sedangkan untuk harga Suzuki Ertiga Hybrid 2022 dijual mulai dari Rp270.300.000 on the road DKI Jakarta.

Berikut harga untuk masing-masing tipe:
– harga Suzuki Ertiga GX Hybrid MT: Rp 270.300.000
– harga Suzuki Ertiga GX Hybrid AT: Rp281.300.000
– harga Suzuki Ertiga Suzuki Sport MT: Rp281.300.000
– harga Suzuki Ertiga Suzuki Sport AT: Rp292.300.000

Itulah penjelasan mengenai spesifikasi Suzuki Ertiga Hybrid 2022. Tertarik untuk beli, silahkan ke diler Suzuki terdekat. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *