Sumbangan Dana Kampanye PBB dan Partai Garuda Rp0, PDI Perjuangan Terbesar

Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye. (Ilustrasi: Kpu-wajokab.web.id)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – KPU Sukoharjo telah menerima Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) dari semua partai politik (Parpol) peserta pemilu 2019. Menariknya, dua parpol tercatat tidak menerima sumbangan dana kampanye serupiahpun. Masing-masing adalah Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Berkarya karena dalam LPSDK yang disampaikan ke KPU sumbangan kampanye Rp0. Disisi lain, PDI Perjuangan menjadi partai terbesar yang menerima sumbangan dana kampanye sebesar Rp1,197 miliar.

“Sampai batas waktu yang ditentukan pada Rabu (2/1), semua parpol sudah menyampaikan LPSDK. Sesuai aturan yang ada, LPSDK ini juga kami umumkan pada masyarakatm” jelas Ketua KPU Nuril Huda, Jumat (4/1).

Dia mengatakan, ada 14 parpol yang meyerahkan LPSDK. Meski semuanya menyampaikan LPSDK sesuai tenggat waktu, masih terdapat sejumlah parpol yang harus memperbaiki berkas laporannya karena tidak sesuai aturan penyusunan laporan. Berkas laporan yang tidak sesuai tersebut otomatis menghambat proses input data laporan KPU.

Nuril mengaku, kendala lain yang ditemukan dalam LPSDK tersebut, penyusunan berkas yang disampaikan tidak sesuai antara laporan dengan lampiran. Begitu juga adanya berkas yang tidak ditandatangani oleh calon legislatif (caleg). Belum sesuainya LPSDK tersebut membuat parpol harus melakukan perbaikan sesuai yang diatur oleh KPU. “Seluruh parpol harus melakukan sendiri perbaikannya, KPU hanya mendampingi saja,” ujarnya.

Selanjutnya, ujar Nuril, LPSDK dari parpol akan diaudit oleh akuntan publik yang independen. Audit tersebut bertujuan mengetahui tingkat akuntabilitas LPSDK masing masing parpol. Nuril mengaku LPSDK tersebut juga diumumkan melalui website KPU Sukoharjo.

Dari rekapitulasi yang dilakukan, LPSDK yang masuk ke KPU Sukoharjo untuk PDI Perjuangan Rp1,19 miliar, PKB Rp14 juta, Partai Gerindra Rp1,27 juta, Partai Golkar Rp68,3 juta, Partai NasDem Rp1 juta, Partai Garuda Rp0, Partai Berkarya Rp13,7 juta, PKS Rp126,3 juta, PKPI Rp250 ribu, PPP Rp280 ribu, PSI Rp2,8 Juta, PAN Rp84,1 juta, Partai Demokrat Rp9,1 juta dan PBB Rp0. (erlano putra)

Sumbangan Dana Kampanye PBB dan Partai Garuda Rp0, PDI Perjuangan Terbesar
5 (100%) 1 vote

Facebook Comments

News Feed