Sukoharjo Kembali Raih Adipura 2023 untuk Kategori Kota Kecil

Kabupaten Sukoharjo meraih Penghargaan Adipura 2023 untuk Kategori Kota Kecil dimana penghargaan diterima langsung Bupati Etik Suryani, di KLHK, Selasa (5/3/2024).

Sukoharjonews.com – Penghargaan di bidang lingkungan hidup, yakni Adipura 2023 kembali diraih Kabupaten Sukoharjo untuk Kategori Kota Kecil. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani di Manggala Wana Bakti KLHK Jakarta, Selasa (5/3/2024).


Seperti diketahui, penghargaan serupa kali terakhir diterima Kabupaten Sukoharjo tahun 2018. Penghargaan kembali diraih karena adanya upaya peningkatan kinerja upaya pengelolaan sampah yang dilakukan Pemkab Sukoharjo di tahun 2023.

“Upaya tersebut meliputi peningkatan kinerja TPA Mojorejo, Bank Sampah, TPS3R, Proklim, Kompos Satu Negeri, termasuk upaya pengelolaan sampah di pasar, permukiman, sekolah maupun perkantoran,” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo, Agus Suprapto.

Dikatakan Agus, ada beberapa indikator yang menjadi penilaian dalam penghargaan Adipura tahun 2023. Salah satunya Pengelolaan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) dengan “control landfill”, pemanfaatan gas methan ke masyarakat disekitar TPA, serta perluasan lahan TPA.


“Salah satu yang utama yaitu peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah melalui Bank Sampah, TPS 3R, kegiatan pengomposan dan kegiatan lainnya yang mendukung kegiatan 3R, yakni “reduce, reuse, recyle”, ruang terbuka hijau dan taman kota,” ujarnya

“Penghargaan ini juga merupakan kerja sama seluruh stakeholder di Kabupaten Sukoharjo,” sambungnya.

Sedangkan Bupati Sukoharjo, Etik Suryani mengucapkan terima kasih atas peran serta aktif masyarakat sukoharjo dalam peningkatan pengelolaan persampahan sehingga penghargaan Adipura kembali bisa diperoleh.

Menurutnya, penghargaan tersebut akan dijadikan motivasi bagi Pemkab Sukoharjo untuk terus bekerja dan bekerja sehingga apa yang ditargetkan bisa tercapai. Etik berharap penghargaan Adipura tersebut bisa dipertahankan di tahun-tahun mendatang. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *