Suka Makan Telur? Hindari Konsumsi Telur Bersama Makanan Berikut!

Tips makan telur. (Foto: Healthline)

Sukoharjonews.com – Telur merupakan salah satu makanan yang yang disukai. Karena telur dapat menjadi menu simpel untuk memenuhi protein dalam tubuh. Telur sendiri mengandung sumber protein, vitamin D, asam lemak omega-3 yang sangat baik bagi kesehatan.


Tidak hanya itu, telur juga sangat serbaguna karena bisa dimasak dengan berbagai cara. Baik itu direbus, diacak, digoreng atau direbus, mereka sempurna untuk sarapan atau kapan saja sepanjang hari.
Namun, dengan banyaknya manfaat tersebut, tahukah Anda bahwa sebenarnya mengkonsumsi telur tidak boleh dibarengi dengan beberapa makanan lain, salah satunya daging.

Dilansir dari beberapa sumber melalui NDTV, pada Rabu (1/2/2023) berikut makanan yang harus dihindari dikonsumsi bersama telur:

1. Pisang
Jika Anda adalah seseorang yang pernah mengonsumsi telur dan pisang secara bersamaan, inilah saatnya Anda menunggu dan berhenti. Kombinasi makanan ini terasa berat di perut dan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Oleh karena itu, sebaiknya menikmatinya secara terpisah sebagai bagian dari diet sehat.


2. Gula
Makanan lain yang harus Anda hindari sepenuhnya untuk dikonsumsi dengan telur adalah gula. Jika dikonsumsi bersamaan, asam amino yang dilepaskan dari keduanya dapat menjadi racun bagi tubuh manusia. Itu juga dapat membuat gumpalan dalam darah Anda.

3. Susu Kedelai
Kita semua tahu bahwa susu kedelai adalah salah satu sumber protein nabati terbaik. Namun, kita harus menghindari mengkonsumsinya dengan telur. Dengan mengonsumsi kedua hal ini bersamaan, jumlah protein dalam tubuh meningkat dengan cepat dan dapat menghambat penyerapannya.


4. Teh
Banyak orang suka makan telur dengan teh untuk sarapan pagi. Beberapa memilikinya untuk pencernaan sementara yang lain untuk menghilangkan bau tak sedap. Kombinasi makanan ini ternyata dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti sembelit, gas dan keasaman. Menurut sebuah studi oleh Journal of Nutrition, minum teh dengan telur bisa mengurangi jumlah protein yang kita serap hingga 17 persen.

5. Daging
Kelebihan lemak dan protein pada telur dan daging bisa membuat kombinasi ini sulit dicerna. Mengkonsumsinya bersamaan juga bisa membuat Anda merasa lelah dan lesu, oleh karena itu sebaiknya hindari makan telur dengan daging. (cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *