Suka Buah Persik? Simak Manfaatnya Disini

Manfaat buah persik. (Foto: pixabay)

Sukoharjonews.com – Persik adalah sejenis buah batu, bersama dengan plum, aprikot, ceri, dan nektarin. Seperti namanya, buah batu memiliki lubang tengah seperti batu. Terlebih, buah ini lembut dan manis, berbau harum, rasanya enak dimasak atau segar, dan penuh dengan vitamin, mineral, dan antioksidan.


Persik membanggakan banyak manfaat kesehatan potensial, termasuk pencernaan yang lebih baik, jantung yang sehat, sistem kekebalan yang kuat dan gejala alergi yang lebih baik. Ahli diet Maxine Smith, RDN, LD, menjelaskan mengapa buah fuzzy ini sangat enak. Dikutip dari Cleveland Clinic, yang dimuat dari beberapa sumber, pada Jumat (26/5/2023), berikut manfaat dari buah persik:

1. Pencernaan yang Lebih Baik
“Persik mengandung serat larut dan tidak larut,” kata Smith. “Serat larut membantu menstabilkan gula darah dan menjaga kadar kolesterol tetap terkendali. Serat tidak larut membantu pencernaan dan membantu mencegah sembelit. Mengonsumsi kulit buahnya dapat memaksimalkan asupan serat Anda. Selain kebaikan seratnya, buah persik juga dapat membuat perut Anda senang dengan cara lain. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh dan ekstrak yang terbuat dari bunga persik dapat membantu memperbaiki pencernaan.


2. Sistem Kekebalan yang Lebih Kuat
Kulit halus dan daging buah persik yang berair mengandung antioksidan yang baik untuk Anda, termasuk vitamin C, polifenol, dan karotenoid. Antioksidan adalah senyawa dalam tumbuhan yang melawan kerusakan sel, dan diet kaya antioksidan dapat membantu melindungi tubuh Anda dari penuaan dan penyakit, termasuk kanker. Faktanya, para ilmuwan telah menemukan bahwa wanita pascamenopause yang makan setidaknya dua porsi buah persik seminggu memiliki tingkat lebih rendah dari jenis kanker payudara tertentu.Beberapa penelitian juga menemukan bahwa ekstrak dari buah persik dapat menurunkan respons alergi tubuh. Diperlukan lebih banyak penelitian, tetapi ini adalah petunjuk yang menarik bahwa buah persik mungkin bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh dalam berbagai cara.


3. Peradangan Berkurang
Polifenol nabati (mikronutrien) dan prebiotik (bakteri hidup) yang ditemukan dalam buah persik dan makanan nabati lainnya dapat mengurangi peradangan, yang pada gilirannya dapat menurunkan risiko banyak penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes, kanker. dan penyakit Alzheimer.

4. Kulit Lebih Halus
Beberapa penelitian laboratorium menemukan bahwa ketika dioleskan ke kulit, ekstrak yang terbuat dari biji buah persik atau bunga persik dapat mengurangi kerusakan akibat sinar UV dan membantu kulit mempertahankan kelembapan. Diperlukan lebih banyak penelitian, tetapi itu adalah alasan lain yang memungkinkan untuk menyukai buah persik.


5. Kesehatan jantung
Semua jenis buah adalah bagian penting dari diet jantung sehat , tetapi buah persik mungkin memiliki beberapa manfaat khusus. Penelitian dalam studi hewan telah menemukan bahwa ekstrak buah persik dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Persik juga merupakan sumber potasium moderat, yang merupakan nutrisi penting untuk membantu mengontrol tekanan darah.

Demikian beberapa manfaat dari buah persik yang wajib Anda ketahui.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *