Suasana Kehidmatan Malam Paskah Gereja Katolik Hati Kudus Yesus Sukoharjo diawali dengan Upacara Cahaya

Malam paskah di gereja sukoharjo. (Foto: dokpribadi)

Sukoharjonews.com – Gereja Katolik Hati Kudus Yesus Sukoharjo menggelar misa Sabtu Suci atau Sabtu Vigili. Ibadah tersebut diawali dengan upacara Cahaya.


Perayaan dimulai pukul 19.00 WIB di Gereja Hati Kudua Yesu Sukoharjo, Pada Sabtu (30/3/2024). Ibadah Sabtu Suci dimulai dengan upacara Cahaya, melambangkan terang Kristus yang mengalahkan kegelapan dosa. Imam yang memimpin upacara ini adalah Romo Petrus Sajiyana, Pr. Upacara cahaya dilakukan dalam kondisi gelap. Umat pun mengikutinya dengan hikmat.

Salib yang terdapat pada lilin Paskah itu melambangkan pengorbanan Yesus yang wafat di kayu salib, demi menebus dosa manusia. Adapula bulir – bulir yang di tancapkan pada lilin paskaj

Kelima bulir ini besar mempunyai lambang sebagai kelima luka Kristus dan ditancapkan dalam bentuk salib. Kelima luka tersebut di antaranya tiga paku yang menusuk tangan dan kaki-Nya, tombak yang menusuk lambung, dan duri yang menusuk kepala-Nya.


Huruf Yunani alfa dan omega memiliki lambang bahwa pribadi Kristus yang merupakan awal dan akhir, simbol dari keabadian kuasa-Nya. Huruf ini diletakkan di atas dan di bawah dari gambar salib.

Dalam homilinya romo saji mengatakan bahwa sebagai umat katolik seluruh umat harus dapat bertekun dalam injil.

“Jangan kita lelah dan mudah tergoda oleh iblis, dan selalu bertekun pada injil, dan menerapkannya pada kehidupan kita sehari-hari” Ujarnya.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *