Startup AI xAI Milik Elon Musk Merilis Chatbot ‘Grok’

Chatbot ‘Grok’. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Startup AI Elon Musk, xAI, telah merilis chatbot AI baru bernama Grok, untuk menyaingi semakin populernya AI Generatif. Fungsi Grok mirip dengan ChatGPT, menjawab pertanyaan yang diajukan pengguna berdasarkan informasi yang dihasilkan oleh model bahasa besar.


Dilansir dari Gizmochina, Selasa (7/11/2023), peluncuran Grok dilakukan setelah kesuksesan ChatGPT OpenAI, sebuah proyek yang didirikan sendiri oleh Musk. Dengan xAI yang kini memimpin, Grok siap untuk tidak hanya menjawab pertanyaan pengguna tetapi juga mengajukan pertanyaan, terinspirasi oleh semangat aneh “The Hitchhiker’s Guide to the Galaxy.”
xAI memperkenalkan Grok

Grok didukung oleh mesin baru yang disebut Grok-1, yang memiliki akses informasi real-time melalui platform X. Untuk menilai kemampuannya, xAI melakukan serangkaian evaluasi menggunakan tolok ukur pembelajaran mesin standar yang dirancang untuk mengukur kemampuan matematika dan penalaran.


Grok mengungguli semua model lain di kelas komputasinya, termasuk ChatGPT-3.5 dan Inflection-1. Hal ini hanya dilampaui oleh model yang dilatih dengan jumlah data pelatihan dan sumber daya komputasi yang jauh lebih besar, seperti GPT-4.

Selain tolok ukur ini, xAI juga memberikan penilaian langsung kepada Grok pada final matematika sekolah menengah nasional Hongaria tahun 2023. Grok lulus ujian dengan nilai C (59%), sedangkan Claude-2 mendapat nilai yang sama (55%), dan GPT-4 mendapat nilai B dengan 68%.

“Ini juga akan menjawab pertanyaan pedas yang ditolak oleh sebagian besar sistem AI lainnya,” kata xAI dalam sebuah tweet. “Grok dirancang untuk menjawab pertanyaan dengan sedikit kecerdasan dan memiliki sifat memberontak, jadi tolong jangan gunakan itu jika Anda benci humor!”.


xAI mengatakan bahwa Grok masih merupakan produk beta awal, namun berkembang pesat dari minggu ke minggu. Perusahaan juga berupaya menerapkan lebih banyak langkah keamanan untuk memastikan bahwa Grok tidak digunakan secara jahat.

Grok akan tersedia di X Premium Plus seharga USD16 atau Rp248 ribuan per bulan, namun saat ini hanya ditawarkan kepada sejumlah pengguna terbatas di Amerika Serikat. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *