Simak Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan

Manfaat daun bawang bagi kesehatan. (Foto: Klik Dokter)

Sukoharjonews.com -Bawang bombay dan bawang putih adalah makanan andalan di sebagian besar dapur, namun banyak juru masak yang belum pernah menyentuh daun bawang. Seperti sepupu mereka yang lebih terkenal, daun bawang termasuk dalam keluarga allium.


Dilansir dari Webmd, Selasa (16/1/2024),Daun bawang terlihat seperti daun bawang raksasa dan dapat menggantikan bawang bombay di banyak hidangan. Orang-orang Yunani dan Romawi awal menyukai daun bawang, karena mengira daun bawang baik untuk suara.

Keuntungan sehat
Daun bawang kaya akan flavonoid, terutama yang disebut kaempferol. Flavonoid adalah antioksidan dan mungkin memiliki sifat anti-inflamasi, anti-diabetes, dan antikanker, serta manfaat kesehatan lainnya. Bukti pasti tentang manfaat daun bawang bagi kesehatan akan bergantung pada penelitian pada manusia di masa depan.

Manfaat kesehatan lainnya dari daun bawang antara lain:

Pengurangan Risiko Kanker
Tanaman dari keluarga allium mungkin memiliki hubungan dengan rendahnya risiko kanker tertentu . Kanker prostat, lambung, usus besar, dan kerongkongan lebih jarang terjadi pada mereka yang banyak mengonsumsi bawang putih, bawang merah, kucai, bawang merah, dan daun bawang. Para peneliti berpendapat bahwa antioksidan dalam sayuran allium memperbaiki DNA yang rusak. Banyak penelitian telah menemukan bukti penurunan risiko kanker kolorektal. Sebuah analisis terhadap 16 penelitian menemukan bahwa semua sayuran dalam keluarga allium menawarkan manfaat kesehatan ini.

Tulang kuat
Daun bawang kaya akan Vitamin K, yang dapat mengurangi risiko osteoporosis . Beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara asupan vitamin K yang lebih tinggi dan kepadatan tulang, yang menyebabkan penurunan risiko patah tulang pinggul. Di beberapa belahan dunia, otoritas kesehatan telah menyetujui penggunaan Vitamin K untuk osteoporosis. Badan Pengawas Obat dan Makanan belum mendukungnya di Amerika Serikat. .


Mata Sehat
Daun bawang mengandung lutein dan zeaxanthin, dua zat yang melindungi mata. Zat ini, yang dikenal sebagai karotenoid , mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula terkait usia. Kedua kondisi mata ini dapat sangat mengganggu penglihatan dan berdampak negatif terhadap kualitas hidup. Hal ini umum terjadi pada orang lanjut usia.

Manajemen Berat Badan
Karena daun bawang merupakan makanan rendah kalori, maka dapat menjadi bagian dari program pengelolaan berat badan. Air dan serat pada daun bawang dapat memberikan rasa kenyang sehingga Anda cenderung tidak makan berlebihan. Daun bawang juga menambah banyak rasa pada makanan dan membuat makan hidangan sehat menjadi menyenangkan.

Tips Membersihkan Daun Bawang
Para petani menanam daun bawang di parit-parit yang diisi dengan tanah saat tanaman sudah matang. Praktik ini menjaga umbi tetap putih, namun juga menyebabkan kotoran terkumpul di antara lapisan tanaman. Oleh karena itu, Anda harus membersihkan daun bawang dengan hati-hati agar tidak ada kotoran pada makanan Anda. Salah satu caranya adalah dengan memotong akarnya, mengiris daun bawang secara vertikal, dan menyimpannya di bawah air mengalir.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *