Simak Kebiasaan Ini Dapat Menurunkan Daya Ingat, Bikin Makin Pelupa

Kebiasaan ini dapat menurunkan daya ingat, bikin makin pelupa. (Foto : Getty Images)

Sukoharjonews.com – Seperti halnya bagian tubuh yang lain, otak juga akan dipengaruhi oleh kebiasaan yang kamu lakukan. Jika kamu melakukan kebiasaan ini secara terus-menerus, otak bisa mengalami penurunan kemampuan, salah satunya kemampuan mengingat.


Dilansir dari Bustle, Selasa (21/2/2023), hal ini tidak langsung terjadi dalam semalam, kamu tetap harus waspada dan mengingat hubungan antara kesehatan otak dan kebiasaan yang kamu lakukan. Jika kamu tidak mau makin pelupa sebaiknya segera menghentikan kebiasaan buruk yang menurunkan daya ingat ini!

Kurang Tidur
Durasi tidur kurang dari 7 hingga 9 jam dalam sehari dapat membuat otak menjadi terbebani. Selain waktu tidur yang kurang, kualitas tidur yang buruk juga meningkatkan risiko gangguan kognitif.

Telah banyak wacana yang menyebutkan bahwa tubuh akan melakukan perbaikan dan regenerasi ketika sedang tidur. Jika kamu tidak mendapat tidur yang berkualitas dan cukup, degenerasi akan terjadi


Membiarkan Kecemasan Berlarut-larut
Membiarkan rasa khawatir yang kamu alami hilang dengan sendirinya, lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Jadi, jika kamu punya cara untuk merasa lebih santai dan menghentikan kecemasanmu itu, lebih baik kamu melakukannya sesegera mungkin.

Penelitian menunjukkan bahwa rasa cemas yang dibiarkan berlarut-larut dapat memengaruhi kondisi otak. Rasa stres yang dibiarkan terlalu lama akan meningkatkan kadar kortisol pada otak yang menyebabkan sel otak kehilangan sinapsis dan membuat makin sulit untuk menciptakan serta memanggil ingatan tertentu.


Tidak Pernah Berjemur
Jika selama ini kamu lebih suka nongkrong dan berdiam diri di dalam ruangan, sudah saatnya kamu menghabiskan waktu di luar ruangan. Selain bisa menghirup udara segar, kamu juga bisa mendapatkan cukup sinar matahari.

Kekurangan vitamin D yang ada dalam sinar matahari berhubungan dengan menurunnya fungsi kognitif. Menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan dan mengonsumsi suplemen akan membantu mengatasi masalah tersebut.

Mendengarkan Musik yang Terlalu Kencang
Terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan hubungan antara mendengarkan musik dengan volume yang terlalu kencang, kehilangan pendengaran, dan masalah ingatan. Untuk mencegah terjadinya masalah tersebut, kamu harus mulai mendengarkan musik dengan tingkatan volume yang masuk akal.


Kurang Mengonsumsi Vitamin
Apabila makanan yang kamu konsumsi tidak meliputi makanan sehat seperti buah dan sayur, maka tidak mengherankan jika ingatanmu sering kabur belakangan ini. Hal ini dikarenakan kekurangan vitamin tertentu akan membawa pengaruh negatif pada ingatan.

Vitamin yang bisa memengaruhi ingatan tersebut antara lain, vitamin D, zat besi, dan vitamin B tertentu. Tentu, untuk memperbaiki kondisi ingatanmu, kamu perlu mulai menambahkan menu sehat dalam setiap sesi makanmu.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *