Simak, Inilah Efek Samping Soft Drink bagi Kesehatan Tubuh Kita

Efek samping soft drink bagi kesehatan tubuh. (Foto : Canon Logistic)

Sukoharjonews.com – Minuman bersoda adalah sudut aman bagi orang yang tidak mengkonsumsi alkohol. Selain itu, minuman bersoda dianggap menyegarkan sekaligus cocok dengan camilan apa pun. Lagi pula, siapa yang tidak suka mengonsumsi minuman ringan dengan pizza? Selain itu, minuman bersoda jika dipilih dan dikonsumsi dengan bijak tidak akan banyak merugikan tubuh manusia.


Dilansir dari Web News Obsever, Selasa (28/2/2023), minuman bersoda yang mengandung banyak gula, pemanis buatan, dan pewarna makanan yang dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti diabetes, peningkatan risiko penyakit jantung, melemahnya tulang, kanker, obesitas, dan masih banyak lagi. Jika Anda doyan minuman bersoda dan mengonsumsinya setiap hari, berikut 4 efek samping konsumsi minuman bersoda yang perlu Anda ketahui:

1. Menyebabkan Kerusuhan Gigi
Gigi memainkan peran utama dalam tubuh manusia. Proses pencernaan tidak akan mungkin terjadi jika kita tidak memiliki gigi, karena gigi membantu memecah makanan menjadi potongan-potongan kecil. Selain itu, tanpa gigi, kita akan terlihat bagus, dan kita tidak akan dapat berbicara karena gigi membantu kita membuat ekspresi wajah yang berbeda, dan membentuk kata-kata.


Selain itu, gigi memainkan banyak peran penting dalam tubuh manusia, tanpanya proses penting lainnya tidak akan terjadi. Terlalu banyak minuman bersoda dapat menyebabkan kerusakan gigi karena mengandung banyak gula dan bahan kimia. Dan mulut kita mengandung bakteri yang memakan gula dan menghasilkan bahan kimia yang mengikis enamel gigi. Memiliki terlalu banyak gula dapat menyebabkan kerusakan enamel gigi yang keras yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Untuk menjaga gigi dengan baik, disarankan untuk mengkonsumsi minuman bersoda dalam batas yang wajar.

2. Menurunkan Kepadatan Tulang
Tulang memainkan peran penting dalam tubuh manusia dengan memberikan bentuk dan menopang tubuh kita. Juga, tulang melindungi organ. Karena tulang memiliki peran yang sangat penting, penurunan kepadatan tulang dapat menyebabkan melemahnya tulang yang selanjutnya akan menyebabkan Osteoporosis. Juga, wanita mulai kehilangan kepadatan tulang sekitar usia 35 tahun.


Jadi, untuk melindungi tulang dari kerusakan, seseorang harus mengonsumsi makanan yang meningkatkan kepadatan tulang. Minum banyak minuman bersoda dapat merusak tulang. Minuman bersoda mengandung kafein dan asam fosfat, yang menyebabkan kekurangan mineral karena asam ini tidak seimbang dengan rasio kalsium/fosfor dan asam-basa dalam tubuh, yang pada akhirnya menyebabkan hilangnya kepadatan tulang. Untuk memiliki tulang yang kuat dan sehat, seseorang harus mengonsumsi minuman bersoda dalam batas yang wajar.

3. Jantung
Jantung adalah organ terpenting dalam tubuh manusia karena memainkan fungsi terpenting dalam tubuh manusia yang meliputi memompa darah ke seluruh tubuh, tanpanya fungsi penting lainnya tidak dapat dilakukan. Karena jantung memainkan fungsi yang begitu penting, kita harus mengonsumsi makanan yang meningkatkan kesehatan jantung.

Mengonsumsi terlalu banyak minuman bersoda dapat memengaruhi kesehatan jantung karena mengandung gula dalam jumlah besar, yang berdampak pada resistensi insulin dan menyebabkan peningkatan peradangan, yang pada akhirnya menyebabkan penumpukan plak di arteri dan menyebabkan beberapa penyakit terkait jantung. Untuk menjaga jantung dengan baik, seseorang harus mengkonsumsi minuman bersoda dalam batas yang wajar.


4. Menyebabkan Sakit Kepala
Sakit kepala melelahkan secara emosional, fisik, dan mental. Sakit kepala dapat menyebabkan gangguan pada fungsi normal kehidupan sehari-hari. Ada banyak penyebab sakit kepala yang meliputi tekanan emosional, stres, obat-obatan, infeksi, terlalu banyak mengonsumsi alkohol, terutama anggur merah, mengonsumsi makanan tertentu, terutama daging olahan yang mengandung nitrat, dan masih banyak lagi. Juga, ada banyak jenis sakit kepala termasuk sakit kepala sekunder, yang tidak berbahaya.

Di sisi lain, sakit kepala tulang belakang, sakit kepala petir, dll, berbahaya dan dapat mengancam jiwa. Karena sakit kepala sangat berbahaya. Sebaiknya kita mengkonsumsi makanan yang tidak memicu sakit kepala. Mengkonsumsi minuman bersoda dapat menyebabkan sakit kepala karena tinggi kafein dan mengandung pemanis buatan seperti aspartam yang dapat memicu migrain dan sakit kepala. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *