Simak Ini Penyebab Tipes

Penyeban tipes.(Foto:Alodokter)

Sukoharjonews.com – Labu membawa keceriaan musim gugur, dan mengetahui kapan labu siap dipetik dapat memastikan Anda menikmati musim gugur yang meriah. Namun, sangat penting untuk memanen labu pada waktu yang tepat untuk memastikan kualitas dan keawetannya.

Dilansir dari Honestdocs, Senin (9/9/2024), tipes sendiri bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa, terutama yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Seperti apa ciri-ciri dan gejala tipes yang perlu diwaspadai? Bagaimana cara penanganannya? simak berikut ini.

Tipes adalah salah satu penyakit menular dan pernah menjadi masalah yang cukup serius di Indonesia. Dalam dunia medis, penyakit tipes lebih dikenal dengan istilah demam tifoid (typhoid fever).

Demam tifoid atau tipes adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella, khususnya Salmonella typhi, yang menyerang bagian saluran pencernaan. Bakteri penyebab tipes ini bahkan dapat berkembang biak dan dibawa oleh sel darah putih ke berbagai organ tubuh, seperti hati, limpa, dan sumsum tulang.

Ketika hal itu terjadi, penderita biasanya akan mulai mengalami gejala tipes, seperti demam yang berlangsung lama, perasaan lemah, sakit kepala, sakit perut, masalah buang air besar, hingga gangguan kesadaran.

Penyebab tipes
Penyebab tipes atau demam tifoid yang paling utama adalah infeksi bakteri Salmonella typhi, yakni jenis bakteri yang juga menjadi penyebab keracunan makanan. Bakteri ini mampu bertahan hidup selama beberapa minggu di alam bebas, seperti di dalam air, es batu, sampah, maupun debu.

Bakteri Salmonella typhi penyebab tipes ini dapat berpindah dari satu orang ke orang lain melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi (foodborne disease).

Ketika seseorang yang terinfeksi tidak mencuci tangan dengan bersih sebelum mengolah atau menyentuh makanan, kemudian makanan tersebut dikonsumsi oleh orang lain, maka orang tersebut berisiko tertular penyakit tipes.

Bakteri penyebab tipes dapat dimusnahkan melalui proses pemanasan dengan suhu 60°C selama 15-20 menit. Oleh karena itu, disarankan untuk memasak makanan sampai benar-benar matang, terutama pada daging.

Salmonella typhi merupakan salah satu penyebab infeksi paling sering di daerah tropis, khususnya di tempat-tempat dengan tingkat higienitas yang buruk.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa penyebab tipes yang paling utama adalah rendahnya kesadaran masyarakat tentang kebersihan diri sendiri maupun lingkungan.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *