Ragam  

Simak, Ini Makanan yang Memengaruhi Bau Badan

Makanan yang bikin bau badan.(Foto:Piemont health)

Sukoharjonews.com -Bau dapat diperbesar atau dipengaruhi tergantung pada apa yang Anda makan – apakah itu dari makanan pedas yang membuat Anda lebih banyak berkeringat atau makanan kaya sulfur seperti bawang putih yang terbawa melalui keringat Anda.


Dilansir dari cleveland clinic, Rabu (10/7/2024), makanan yang paling mempengaruhi bau badan Anda adalah makanan yang mengandung asam sulfat tinggi. Berikut makanan yang dapat menyebabkan perubahan pada aroma Anda dan alasannya:

Rempah-rempah
Rempah-rempah seperti kari, jintan, dan fenugreek dapat memberikan efek yang sangat baik jika menempel di lidah dan gigi Anda. Rempah-rempah ini tidak hanya dapat bertahan berjam-jam di napas Anda, tetapi juga dapat menempel pada rambut, kulit, dan pakaian Anda. Rempah-rempah ini juga mengandung senyawa volatil yang dapat diserap ke dalam aliran darah dan dikeluarkan melalui kelenjar keringat, sehingga menimbulkan bau yang khas.

Bawang putih dan bawang bombay
Mengikat mulut Anda, tanaman ini merupakan sumber bau mulut yang terkenal .

Bagi sebagian orang, mereka juga dapat meningkatkan metabolisme, panas tubuh, dan keringat . Dr Lee menjelaskan bahwa hal ini dapat menyebabkan bakteri di kulit Anda bercampur dengan keringat yang Anda keluarkan melalui kelenjar apokrin, sehingga menyebabkan penumpukan bau yang tidak sedap.


daging merah
Jika Anda penggemar makan malam steak, ini adalah sumber bau badan lain yang perlu diketahui. Saat Anda mengonsumsi daging merah, ia dapat mengeluarkan protein yang tidak berbau melalui keringat. “Tetapi ketika protein ini bercampur dengan bakteri kulit, baunya semakin menyengat,” jelas Dr. Lee.

Sayuran kucifer
Sayuran dan makanan pendamping nutrisi favorit Anda juga mungkin menyebabkan bau yang tidak terduga. Sayuran seperti brokoli, kubis, kubis Brussel , dan kembang kol melepaskan asam sulfat. Aroma ini diperkuat oleh keringat, napas, atau gas.

Asparagus
Jika asparagus adalah bagian dari pola makan vegetarian rutin Anda, Anda mungkin telah memperhatikan pengaruhnya terhadap buang air kecil . Ketika asam asparagusik yang ditemukan dalam asparagus dicerna oleh tubuh Anda, asam tersebut kemudian diubah menjadi asam sulfat. Hal ini membuat urin Anda mengeluarkan bau belerang yang kuat. Namun karena setiap orang memetabolisme makanan secara berbeda, tidak semua orang akan mengalami hal ini. Selain itu, dalam beberapa kasus, variasi genetik tertentu dapat menghalangi Anda mendeteksi bau tersebut. Jadi, jika Anda tidak mencium baunya, jangan khawatir.

Alkohol
Anehnya, koktail saat happy hour atau bahkan anggur saat makan malam juga dapat menyebabkan bau yang tidak diinginkan. Alkohol dimetabolisme menjadi asam asetat, yang dilepaskan melalui pori-pori kulit dan napas Anda.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *