Simak Cara Atasi Kesulitan Tidur

Cara atasi kesulitan tidur. (Foto: freepik)

Sukoharjonews.com – Meski kerap dianggap sepele, sulit tidur ternyata menyebabkan seseorang mudah lelah dan tidak berenergi di keesokan hari. Sulit tidur juga dapat mengganggu konsentrasi dan apabila berjangka panjang dapat berdampak pada kesehatan. Ada banyak faktor yang membuat tidur malam menjadi tidak nyenyak mulai dari stres akibat kerja, atau tekanan pada siang hari, hingga karena sakit.


Dilansir dari Mayo Clinic, Sabtu (8/4/2023), berikut ini beberapa tips untuk mengatasi sulit tidur yang dapat kamu lakukan agar tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas. Dengan demikian, kamu bisa lebih produktif dan lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas keesokan harinya.

1. Membuat Jadwal Tidur Konsisten
Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk akhir pekan secara konsisten dapat memperkuat siklus tidur hingga bangun untuk tubuh.

Jika kamu sulit tertidur dalam waktu sekitar 20 menit saat sudah masuk jadwal tidur, kamu bisa coba melakukan sesuatu yang menenangkan seperti membaca atau mendengarkan musik yang menenangkan. Lalu, jika sudah merasa lelah dan mengantuk segera kembalilah ke kasur untuk segera tidur, pastikan untuk tetap pertahankan jadwal tidur dan waktu bangunmu.


2. Hindari Konsumsi Kafein di Sore Hari
Kandungan kafein dapat membuat kamu tetap terjaga di malam hari, efek dari kafein bisa memakan waktu hingga delapan jam untuk hilang. Ketika mengonsumsi minuman atau makanan mengandung kafein di sore hari, kafein merangsang sistem saraf dan dapat membuat tubuh kamu tidak rileks secara alami di malam hari.

Dilansir dari National library of medicine dalam sebuah penelitian, mengonsumsi kafein hingga 6 jam sebelum tidur secara signifikan memperburuk kualitas tidur Jika kamu tetap menginginkan secangkir kopi di sore atau malam hari, lebih baik untuk memilih kopi tanpa kafein.


3. Olahraga Teratur
Olahraga teratur di siang hari adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan tidur malam yang nyenyak. Kamu bisa meluangkan waktu di pagi atau siang hari untuk berolahraga.

Pastikan waktu olahraga yang cukup dan tidak berlebihan, karena jika terlalu lelah di siang hari justru akan mengganggu waktu tidur kamu di malam hari. Dilansir dari National library of medicine, sebuah studi pada orang dewasa menetapkan bahwa olahraga hampir mengurangi separuh waktu terjaga di malam hari dan memberikan 41 menit lebih banyak tidur di malam hari.


4. Hindari Tidur Siang yang Terlalu Lama
Tidur siang memang memiliki manfaat yang banyak, namun jika tidur siang dilakukan dalam waktu yang lama dan tidak teratur akan berdampak negatif pada pola tidur.

Dilansir dari Healthline, pada sebuah studi mencatat bahwa ketika kita tidur siang selama 30 menit atau kurang di siang hari dapat membantu meningkatkan fungsi otak kita, tetapi jika kita tidur siang dalam jangka waktu yang lama jurtru dapat membahayakan kesehatan dan kualitas tidur di malam hari.

Tidur siang yang lama dapat mengganggu kualitas tidur. Jika kamu sulit tidur di malam hari kamu bisa coba untuk tidak tidur siang atau mengurangi waktu tidur siang kamu.
(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *