Simak Bagaimana Cara Membersihkan Karang Gigi Disini!

Cara membersihkan karang gigi.(Foto: aladokter)

Sukoharjonews.com – Karang gigi adalah lapisan yang terbentuk dari endapan kalsium dan fosfat dalam air liur yang mengeras di permukaan gigi. Karang gigi biasanya berwarna kuning kecoklatan dan dapat menyebabkan masalah kesehatan mulut jika tidak segera diatasi. Berikut adalah beberapa cara membersihkan karang gigi dengan efektif.


Dikutip dari Yesdok, pada Jumat (7/8/2024), inilah cara membersihkan karang gigi:

1. Menggunakan Sikat Gigi Elektrik
Sikat gigi elektrik biasanya lebih kuat dan konsisten dibandingkan sikat gigi manual, jadi mereka dapat membantu mencegah plak dan mengurangi risiko karang gigi.

2. Menggunakan Pasta Gigi yang Mengandung Fluoride
Dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, anda dapat menghindari karang gigi dan kerusakan gigi karena fluoride memperkuat enamel gigi dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab plak.


3. Mengunjungi Dokter Gigi
Dokter gigi akan membersihkan karang gigi dari permukaan gigi dan di bawah garis gusi dengan alat seperti scaler. Melakukan pemeriksaan rutin setiap enam bulan sekali akan membantu menjaga gigi tetap bersih dan sehat.

4. Menggunakan Benang Gigi dan Sikat Antara
Sikat gigi dan benang gigi ataupun interdental brush adalah alat penting untuk membersihkan sela-sela gigi dan area di sekitar garis gusi. Penggunaan benang gigi secara teratur dapat membantu mencegah plak menempel di area yang sulit dijangkau sikat gigi.


5. Menggunakan Obat Kumur Antiseptik
Obat kumur antiseptik dapat membantu mengurangi jumlah bakteri di mulut dan mencegah plak. Obat kumur yang mengandung klorheksidin atau bahan antiseptik lainnya juga dapat membersihkan area yang sulit dijangkau dan mengurangi risiko karang gigi.

Sebaiknya Anda juga berkonsultasi kepada Dokter Gigi agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *