Shea Butter, Kacang Asli Benua Afrika

Kacang asli Afrika.(Foto: cokodeal)

Sukoharjonews.com – Meskipun buah pohon shea mungkin lebih terkenal di Barat sebagai bahan kosmetik, di negara-negara Afrika, buah ini merupakan tanaman pangan dan obat-obatan yang penting.


Dilansir dari Royal Botanic Garden, Selasa (16/4/2024),Shea butter dibuat dengan merebus, mengeringkan, dan menggiling buah shea hingga menjadi bubuk, kemudian dicampur dengan air.

Pohon shea tumbuh di lingkungan sabana kering yang ditemukan di sejumlah negara di tengah Afrika.

Namun, pohon penting ini kini terancam akibat penebangan berlebihan dan hilangnya habitat.

Pohon shea dapat tumbuh setinggi 25m, dengan tajuk yang lebar. Kulit kayunya seperti gabus. Daunnya lonjong, tepinya bergelombang dan tumbuh berkelompok di ujung dahan, disertai tandan bunga kecil berwarna putih. Buahnya berbentuk pipih dan bulat, menyerupai buah plum besar. Di dalamnya terdapat sekitar 2 sampai 4 biji berwarna coklat mengkilat, sering disebut kacang shea.


Kecantikan dan kosmetik
Shea butter, lemak yang diambil dari biji buah shea, digunakan dalam sejumlah kosmetik, termasuk krim kulit dan kondisioner rambut, karena sifatnya yang melembapkan.

Shea butter dan kulit kayu shea digunakan untuk memproduksi ose-dudu , atau sabun hitam Afrika, yang pertama kali dibuat oleh masyarakat Yoruba di Nigeria.

Makanan dan minuman
Shea butter digunakan sebagai alternatif pengganti mentega kakao, meski memiliki rasa yang sedikit berbeda.

Shea butter terkadang digunakan sebagai minyak goreng.Buah shea kadang-kadang dimakan di daerah sabana di Afrika.Bunga shea bisa dimakan, dan digoreng untuk membuat gorengan.Lateks yang diperoleh dari kulit pohon shea digunakan sebagai permen karet.


Kesehatan
Shea butter digunakan sebagai bahan dasar obat topikal.

Bahan dan bahan bakar
Sekam biji sisa dari produksi shea butter digunakan sebagai pupuk. Shea butter digunakan untuk membuat rumah kedap air dengan cara mengaplikasikannya pada dinding dan langit-langit rumah.

Kayu pohon shea digunakan sebagai sumber bahan bakar, dan menghasilkan arang yang sangat baik.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *