Sering Sariawan? Simak Berikut Ini

Gejala dan penyebab sariawan. (Foto: pixabay)

Sukoharjonews.com – Sariawan merupakan salah satu jenis sariawan. Penyakit ini tidak menular, namun dapat menyebabkan iritasi dan nyeri. Penyebab sariawan antara lain stres, makanan asam, dan luka ringan di bagian dalam mulut. Perawatannya meliputi gel, salep, dan obat kumur yang dijual bebas atau dengan resep dokter. Bahkan tanpa pengobatan, sariawan biasanya hilang dalam waktu dua minggu.


Dilansir dari Nutrisense, Minggu (18/2/2024), Sariawan – atau tukak aphthous – adalah bisul kecil dan dangkal yang terjadi di lapisan mulut Anda. Sariawan dimulai dengan sariawan berwarna putih atau kekuningan dengan pinggiran merah. Mereka biasanya sangat kecil (kurang dari 1 milimeter) tetapi diameternya bisa mencapai 1/2 inci hingga 1 inci.

Sariawan bisa muncul di lidah, gusi, langit-langit mulut , di dalam bibir, atau di bawah lidah. Hal ini bisa menyakitkan dan sering kali membuat makan dan berbicara menjadi tidak nyaman.

Ada dua jenis sariawan:
Sariawan sederhana:

Sariawan ini mungkin muncul tiga atau empat kali dalam setahun dan berlangsung hingga seminggu.

Sariawan kompleks:
Penyakit ini lebih jarang terjadi dan lebih sering terjadi pada orang yang pernah mengidapnya sebelumnya.


Apakah sariawan merupakan IMS?
Tidak. Sariawan bukanlah penyakit herpes atau jenis infeksi menular seksual (IMS) lainnya. Faktanya, penyakit ini tidak menular sama sekali. Jadi, Anda tidak bisa menularkannya melalui ciuman atau kontak seksual.

Siapa yang terkena sariawan?
Siapapun bisa terkena sariawan. Namun penyakit ini paling umum terjadi pada remaja dan orang berusia 20-an. Perempuan dan orang yang ditetapkan sebagai perempuan saat lahir (AFAB) lebih mungkin terkena sariawan dibandingkan laki-laki dan orang yang ditetapkan sebagai laki-laki saat lahir (AMAB). Para ahli meyakini hal ini mungkin disebabkan oleh perubahan hormonal.

Seberapa umumkah kondisi ini?
Sariawan cukup umum terjadi. Sekitar 20% penduduk Amerika pernah menderita sariawan setidaknya sekali dalam seumur hidup mereka.


Gejala dan Penyebab
Apa saja gejala sariawan?

Gejala umum sariawan meliputi:

Satu atau lebih luka yang menyakitkan di dalam mulut Anda. Bisul ini bisa terbentuk di lidah, bagian dalam bibir, pipi bagian dalam, atau langit-langit mulut Anda.
Sensasi terbakar atau kesemutan.

Bisul kecil berbentuk bulat berwarna putih, abu-abu atau kuning dengan pinggiran merah.
Dalam kasus yang parah, Anda mungkin juga mengalami:

Demam.
Kelesuan fisik.
Pembengkakan kelenjar getah bening .
Apa penyebab sariawan?
Para ahli tidak yakin mengapa beberapa orang lebih mungkin terkena sariawan. Namun mereka menemukan banyak faktor yang dapat memicu berkembangnya bisul ini, termasuk:

-stres .
-Cedera di bagian dalam mulut Anda.
-Makanan asam, seperti buah jeruk.
-Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti ibuprofen .
-Peralatan gigi, seperti kawat gigi atau gigi palsu yang tidak pas .(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *