Seluruh Polda Ditargetkan Punya CCTV Pendeteksi Wajah, Untuk Apa?

Ilustrasi.

Sukoharjonews.om (Jakarta) – CCTV dengan kemampuan “face recognition” atau pendeteksi wakah menjadi target Polri. Bahkan, ke depan setiap Polda ditargetkan memliki CCTV pendeteksi wajah tersebut secara bertahap. Keberadaan CCTV pendeteksi wajah tersebut diproyeksikan dapat mendeteksi wajah para buronan atau orang yang masuk daftar pencarian orang (DPO).


Menurut Wakil Kepala Posko (Wakaposko) Presisi Polri Kombes Pol Indarto, CCTV itu akan dipasang secara bertahap dan diprioritaskan di wilayah yang memiliki tingkat kriminal yang tinggi.

“Itu akan dilkembangkan ke seluruh polda, tapi tentu saja tidak dalam waktu singkat karena ini biaya mahal, jadi kita prioritaskan ke polda-polda yang memiliki tingkat kerawanan tinggi,” kata Indarto dalam Diskusi Publik bertema ‘Restrukturisasi dan Reposisi Polri Menghadapi Tahun Politik dan Era 4.0‘ di Hotel Diradja, Jakarta, dilansir dari laman Humas Polri, Rabu (1/2/2023).

Indarto mengatakan, CCTV yang sudah terintegrasi fitur face recognition atau deteksi wajah itu sudah berhasil diimplementasikan di Polda Bali.


Teknologi canggih itu mulai diterapkan saat pelaksanaan pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada bulan November 2022 lalu.

Ia menyebut, CCTV di Polda Bali itu telah terkoneksi dalam satu pusat data yaitu 91 Command Center.

Indarto menungkapkan, salah satu utusan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) menilai bahwa standar Command Center Polri dapat dijadikan standar dunia.

“Contoh di Bali kemarin kita masukan data para DPO teroris, maka semua CCTV dapat menangkap wajah itu, ketika tingkat akurasi kecocokannya itu 60 persen ke atas maka ada tim surveillance yang akan menindaklanjutinya. Itu standar seperti itu,” tambahnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *