Seluruh Lansia Jadi Sasaran Vaksinasi, Pencanangan Dilakukan Bupati

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani bersama Wakil Bupati, Agus Santosa saat menyaksikan proses vaksinasi corona pada lansia di Kelurahan Jetis, Sukoharjo, Jumat (5/3/2021).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Program vaksinasi untuk lanjut usia (lansia) di Sukoharjo dimulai. Pencanangan vaksinasi corona untuk lansia dilakukan oleh Bupati Etik Suryani di Desa Kateguhan, Tawangsari dan Kelurahan Jetis, Sukoharjo. Vaksinasi untuk lansia akan menyasar di semua desa/kelurahan secara bertahap.



“Pemkab Sukoharjo menaruh perhatian liar biasa terkait pandemi virus corona. Berbagai upaya telah dilakukan meski belum bisa menekan angka kasus positif corona secara signifikan sehingga meresahkan masyarakat,” ujar Bupati.

Menurutnya, adanya pandemi virus corona membuat aktivitas masyarakat terganggu dan berdampak pada perekonomian masyarakat. Untuk itu, prograk vaksinasi corona diharapkan dapat menekan angka kasus positif corona. Terkait vaksin sinovac yang digunakan, Bupati berpesan agar masyarakat tidak perlu ragu dan khawatir. Pasalnya, vaksin sinovac sudah dinyatakan aman dan bermanfaat oleh BPOM dan dinayatakan halal oleh MUI.

“Apabila 70% masyarakat Sukoharjo sudah divaksin, makan bisa menimbulkan kekebalan komunitas meski vaksin bukan hal pamungkas karena setelah divaksin protokol kesehatan tetap harus dilaksanakan,” tambah Bupati.

Disisi lain, khusus untuk Kelurahan Jetis, jumlah lansia yang terdata mendapatkan vaksin sebanyak 778 orang. Hal itu berdasarkan pendataan oleh tujuh Posyandu lansia yang ada. Kepala Puskesmas Sukoharjo, Kunari Maharani menyampaikan, dengan vaksinasi tersebut diharapkan dapat menekan angka kasus corona untuk lansia.

“Ada tiga tahapab dalam proses vaksinasi ini, pendaftaran, skrening dan vaksinasi. Selama skrening banyak lansia yang tidak lolos sehingga vaksinasinya ditunda,” ujarnya. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *