Selain Penyakit ISPA, Polusi Udara Juga Dapat Menyebabkan 4 Penyakit Berbahaya

Bahaya ISPA. (Foto : Freepik)

Sukoharjonews.com – Penyakit ISPA adalah infeksi yang terjadi di saluran pernapasan bagian atas maupun bawah yang ditandai dengan gejala berupa batuk, pilek, dan demam. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun lansia.


Dilansir dari American Lung Association, Kamis (8/6/2023),Selain penyakit ISPA, terlalu sering terpapar polusi udara juga dapat menyebabkan penyakit lainnya. Berikut adalah beberapa penyakit yang disebabkan oleh paparan polusi udara.

Asma
Terlalu sering terpapar polusi udara dapat menyebabkan kamu terkena asma. Asma adalah suatu kondisi di mana saluran pernapasan menyempit dan membengkak sehingga menghasilkan lendir berlebih. Kondisi ini menyebabkan kamu sulit bernapas, memicu batuk, sesak napas, dan suara mengi saat menghembuskan napas.

Paparan zat alergen, seperti serbuk sari, bulu hewan peliharaan, asap, dan debu dapat memicu gejala asma. Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki asma sebaiknya kurangi aktivitas di luar selama polusi Jakarta meningkat atau gunakan masker selama beraktivitas di luar.


kardiovaskular
Paparan polusi udara juga dapat memicu penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung, stroke, dan jenis penyakit jantung lainnya. Kondisi ini disebabkan oleh partikel polusi yang masuk ke paru-paru akan menyebabkan peradangan sehingga terjadi peningkatan tekanan darah yang dapat merusak lapisan arteri jantung.

Dilansir dari Metropolis Healthcare, dalam jangka panjang, paparan polusi udara ini dapat meningkatkan risiko aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah.


Kanker Paru-paru
Selain kebiasaan merokok, paparan polusi udara juga dapat menyebabkan seseorang terkena kanker paru-paru. Beberapa gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini, antara lain batuk kronis, sesak napas, batuk berdarah, dan nyeri dada.

Menjauhi asap rokok, berhenti merokok, memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan, dan mengonsumsi makanan sehat adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kanker paru-paru.

Obstruktif kronis (PPOK)
Penyakit lain yang disebabkan oleh polusi udara adalah penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Penyakit ini disebabkan oleh paparan polusi udara yang berlangsung dalam jangka panjang. Akibatnya, penderita PPOK mengalami kesulitan bernapas, batuk, dan mengi.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *