Selain Padamkan Kebakaran, Sejumlah Tugas Unik Juga Diminta Masyarakat pada Damkar

Sarang tawon yang sering diminta untuk dimusnahkan oleh petugas Damar. (Ilustrasi: Inews.id)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Sesuai namanya yakni Pemadam Kebakaran (Damkar), tugas utamanya adalah memadamkan api ketika terjadi kebakaran. Namun, saat ini masyarakat juga banyak meminta tolong pada petugas Damkar untuk melakukan tugas lain yang terbilang unik. Mulai memusnahkan sarang tawon, menangkap ular, hingga menangkap kera yang masuk ke pemukiman warga.



“Jadi, saat ini kami tidak sekadar memadamkan api ketika ada kebakaran, sejumlah permintaan masyarakat banyak yang masuk diluar pemadaman api,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Sukoharjo Margono, Selasa (12/3).

Dikatakan Margono, selama ini petugas Dankar banyak diminta masyarakat untuk memusnahkan sarang tawon karena keberadaannya cukup meresahkan warga. Bahkan, sudah sering terjadi kasus warga meninggal dunia karena disengat tawon. Yang terbaru, petugas Damkar juga diminta masyarakat untuk menangkap ular yang masuk rumah serta menangkap kera.

Terkait permintaan masyarakat tersebut, Margono mengaku tetap dilayani. Terkait permintaan menangkap ular, Margono mengaku sudah beberapa kali dilakukan petugas Damkar. Hingga Maret ini, sudah ada empat permintaan warga. Ular tersebut diketahui masuk rumah warga sehingga memanggil petugas Damkar. Dari empat kasus tersebut, dua ekor berhasil ditangkap. Sedangkan kasus penangkapan kera, Margono mengaku sudah ada satu kali permintaan warga.

“Kalau untuk kasus tawon, hingga kini sudah ada 235 kasus. Rinciannya Januari ada 130 kasus, Februari 90 kasus, dan Maret 15 kasus. Permintaan warga terus bertambah,” paparnya.

Saat memusnahkan sarang tawon sendiri, Margono mengaku petugas mengenakan pakaian tertutup untuk menghindari sengatan tawon. Selama ini, sarang tawon yang dimusnahkan tersebut kebanyakan berada di atap rumah. Selain itu, banyak juga sarang tawon yang dimunshahkan berada di pohon. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed