Sejumlah TPS Sempat Alami Kekurangan Surat Suara

Salah satu TPS Pilgub Jateng. (Ilustrasi)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Secara umum pelaksanaan pencoblosan Pilgub Jateng di Sukoharjo berjalan lancar. Meski begitu, sejumlah TPS sempat diketahui mengalami kekurangan surat suara. Kekurangan surat suara tersebut berhasil diatasi oleh KPU Sukoharjo dengan mendatangkan surat suara untuk menutup kekurangan. Kekurangan surat suara tersebut diketahui dari pengawasan yang dilakukan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu).



“Kami mendapatkan laporan ada kekurangan surat siara di salah satu TPS di Desa Kemasan, Polokarto,” ujar Ketua Panwaslu Sukoharjo Bambang Muryanto, Rabu (27/6).

Bambang mengatakan, terkait hal tersebut sudah dikomunikasikan pada penyelenggara yakni KPU Sukoharjo. Setelah dilaporkan, KPU lantas memenuhi kekurangan surat suara dengan mngambil surat suara yang tersisa dari TPS lainnya. Dari laporan yang masuk, ujar Bambang, DPT di TPS sekitar 500-an orang, dan mengalami kekurangan sekitar 200-an surat suara,” ujarnya.

Dia melanjutkan, saat ini Panwas memiliki aplikasi yang menghubungkan seluruh personel mereka. Jadi, laporan kondisi TPS terkini bisa diketahui dalam satu kali sentuhan di aplikasi tersebut. Hal tersebut memudahkan komunikasi antar anggota. Dia menjelaskan, kekurangan surat suara diketahui usai kotak suara dibuka.

Terpisah, Komisioner KPU Sukoharjo Divisi Logistik Nuril Huda membenarkan adanya kejadian tersebut dan langsung ditindaklanjuti. Menurutnya, kekurangan surat suara terjadi di beberapa TPS di Sukoharjo. Nuril mengaku masalah tersebut diselesaikan sehingga pemilihan bisa berjalan lancar.

Pihaknya menjelaskan, terkait kekurangan surat suara tersebut kemungkinan ada “human eror” dalam penghitungan. Namun, sebelumnya pihaknya sudah memastikan kebutuhan surat suara tepat. Saat penyegelan juga disaksikan oleh Panwas. ‎Pihaknya sudah melakukan pengemasan dan penghitungan dengan cermat dan rapi.

Informasi yang dihimpun, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) TPS 2 Desa Kemasan, Polokarto yakni 555 dan menerima Surat Suara sebanyak 365. Sementara C6 yang kembali ada enam buah. Untuk menutupi kekurangan tersebut diambilkan dari beberapa TPS terdekat. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *