Sejumlah Proyek Jalan Sudah Masuk Lelang, Ini Daftarnya

Sejumlah “stoomwals” parkir di kompleks Kantor DPUPR Sukoharjo menunggu digunakan untuk memperbaiki jalan.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Usai Lebaran, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo langsung tancap gas melelangkan sejumlah proyek pengerjaan jalan. Baik itu proyek perbaikan maupun peningkatan jalan. Saat ini, sejumlah proyek jalan sudah masuk lelang di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Pemkab Sukoharjo. Proyek jalan yang dilelangkan tersebut sumber anggarannya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pemerintah pusat.



“Proses lelang kami lakukan bertahap dengan skala prioritas. Yang kami lelangkan terlebih dahulu proyek jalan dengan sumber pembiayaan dari DAK terlebih dahulu,” jelas Kabid Bina Marga DPUPR Sukoharjo, Sardjito, Selasa (18/6).

Dikatakan sardjito, sejumlah proyek jalan yang akan dikerjakan tahun ini antara lain Jalan Kunden-Ngasinan, Jalan Langenharjo-Dlopo, Jalan Mulur-Sidan, Jalan Sukoharjo-Mulur, jalan Mulur-Bancakan, dan juga jalan Mulur-Cabeyan. Ruas jalan tersebut akan dilakukan peningkatan dengan dilebarkan 1,5 meter. Sardjito mengaku, pelebaran jalan menyesuaikan dengan kondisi jalan itu sendiri sehingga tidak harus diambil dari tiap sisinya.

Sardjito mencontohkan untuk pelebaran Jalan Langenharji-Dlopo di depan RS Dr Oen Solo Baru yang akan dilebarkan menjadi enam meter dari lebar saat 4,5 meter. Pelebaran mendesak dilakukan karena kapasitas jalan dengan tingginya arus lalu lintas di kawasan tersebut. Dalam pelebaran jalan ini, Pemkab akan memanfaatkan bahu jalan untuk menghindari pembebasan lahan pribadi.

“Kita akan memanfaatkan daerah milik jalan dalam pelebaran nanti sehingga tidak perlu pembebasan lahan milik warga,” ujarnya.

Berdasarkan data dari LPSE Sukoharjo, beberapa proyek jalan yang sudah masuk tahap pengumuman lelang yakni, pembangunan jalan Bulakrejo–Parangjoro, rehabilitasi jalan Dompilan–Gawangan, rehabilitas jalan Gawanan–Klaseman, peningkatan jalan Tegalan–Mangkuyudan, rehabilitas jalan Kranggan–Ngabeyan dan lainnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *