Sejumlah Cara Alami Menghilangkan Lendir di Dada

Cara alami menghilangkan lendir di dada. (Foto: Healthline)

Sukoharjonews.com – Untuk meredakan sesak dada, Anda dapat mencoba pengobatan rumahan, termasuk minum cairan, menggunakan pelembab udara, dan mengonsumsi dekongestan yang dijual bebas. Dalam beberapa kasus yang memerlukan resep obat yang lebih kuat.


Dikutip dari Healthline, Kamis (25/1/2024) jika tubuh mengalami batuk terus-menerus, tubuh mengalami penumpukan lendir di dada. Meskipun ini bukan kondisi yang mengancam jiwa, hal ini dapat memengaruhi kualitas hidup. Jika tidak ditangani, hal ini dapat menyebabkan komplikasi tambahan.

Bagaimana cara menghilangkan dahak secara alami?

1. Minum cairan
Cairan membantu mengencerkan lendir. Cairan hangat dapat membantu membersihkan lendir di dada dan hidung. Hal ini dapat meredakan hidung tersumbat, sehingga memberi Anda sedikit kelonggaran dari gejala yang dialami.


2. Berkumurlah dengan air garam
Penelitian menunjukkan bahwa berkumur air garam hangat dapat membantu meringankan gejala pilek, termasuk kelebihan lendir. Cobalah mencampurkan secangkir air hangat, air saring, atau air kemasan dengan setengah hingga tiga perempat sendok teh (sdt) garam. Minumlah sedikit dan miringkan kepala sedikit ke belakang dan berkumurlah selama 30-60 detik. Alternatifnya, gunakan larutan garam dalam bentuk semprotan atau neti pot.

3. Tinggikan kepala
Usahakan kepala tetap tegak, terutama pada malam hari. Ini akan membantu lendir keluar lebih cepat. Anda dapat melakukannya dengan menopang beberapa bantal di bawah kepala.


4. Gunakan pelembab udara
Uap juga dapat membantu mengencerkan lendir dan menghilangkan kemacetan. Dapat merasakan manfaatnya menggunakannya pada malam hari di dekat tempat tidur, Hal ini dapat membantu mengurangi kemacetan pernafasan saat sedang tidur.

5. Ambil madu
Madu telah digunakan sebagai obat alami sepanjang sejarah dan dikenal karena sifat anti inflamasinya. Ada beberapa bukti bahwa ini mungkin sangat membantu dalam meredakan batuk malam hari pada anak-anak.

Namun, obat ini belum tentu lebih efektif dibandingkan obat penekan batuk biasa, Dextromethorphan (Mucinex, Robitussin, dan lain-lain).


6. Gunakan minyak esensial
Minyak esensial tertentu dapat membantu mengencerkan lendir di dada. Sebuah meta-analisis tahun 2020 terhadap tujuh penelitian menunjukkan bahwa minyak esensial dapat membantu meringankan beberapa gejala penyakit pernafasan, meskipun hasil penelitiannya beragam.
Minyak peppermint dan minyak kayu putih juga digunakan sebagai dekongestan alami.

Dapat menggunakan minyak esensial dengan salah satu dari cara berikut:
– Mendifusikannya: Ambil diffuser dari toko obat setempat, dan tambahkan beberapa tetes minyak ke dalam bak mandi air panas untuk melepaskan aromanya ke udara.
– Menghirupnya: Isi mangkuk dengan air panas dan beberapa tetes minyak esensial. Condongkan tubuh ke atas mangkuk dan tutupi kepala Anda dengan handuk tangan untuk membantu memerangkap uap. Hirup uapnya selama 5 hingga 10 menit.
– Oleskan secara topikal: Campurkan 12 tetes minyak pembawa untuk setiap 1 atau 2 tetes minyak esensial. Lakukan tes tempel kulit terlebih dahulu. Jika dalam 24 jam tidak terjadi iritasi, Anda bisa mengoleskannya langsung ke dada.


7. Menggunakan uap
Obat gosok uap mengandung bahan dekongestif, namun dioleskan secara topikal, bukan ditelan. Dalam sebuah penelitian tahun 2010, para peneliti mempelajari anak-anak yang menerima pengobatan dengan uap, salep petrolatum, atau tanpa obat. Gosok uap mendapat skor tertinggi dalam meredakan batuk dan hidung tersumbat.

8. Makan makanan tertentu
Sebuah survei tahun 2018 menunjukkan bahwa obat ini dapat membantu meringankan gejala pilek dan batuk, termasuk mengurangi lendir. Makanan pedas yang mengandung capsaicin juga dapat meredakan hidung tersumbat untuk sementara dengan merangsang aliran lendir. (khofifah-mg4/nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *