Sederet Hal yang Perlu Dilakukan agar Terhindar dari Heatstroke di Cuaca Panas

Cacar menghindari heatstroke. (Foto : Freepik)

Sukoharjonews.com – Cuaca belakangan ini sedang tak menentu, terkadang panas menyengat setelah itu turun hujan. Ketika suhu udara panas menyengat, dapat menyebabkan heatstroke.


Dilansir dari Mayoclinic, Selasa (23/5/2023),Heatstroke adalah sengatan panas atau ketika tubuh mengalami peningkatan suhu secara dramatis. Sehingga dapat menyebabkan seseorang mengalami, Demam tinggi hingga 40° C, berkeringat deras, kulit memerah dan bibir mengering, mual dan muntah, pusing hingga pingsan.

Heatstroke terjadi ketika seseorang mengalami kelelahan setelah beraktivitas tinggi. Namun ada cara yang dapat dilakukan agar terhindar dari Heatstroke seperti berikut ini.

1. Perbanyak Konsumsi Air Putih
Ketika beraktivitas di luar ruangan dapat membuat tubuh berkeringat, sehingga cairan dalam tubuh berkurang. Sebaiknya konsumsi air mineral yang banyak agar tubuh tetap terhidrasi.

Mengonsumsi air mineral juga bermanfaat untuk menjaga suhu tubuh tetap normal, sehingga terhindar dari Heatstroke.


2. Gunakanlah Pakaian yang Longgar
Tips agar terhindar dari Heatstroke berikutnya ialah cara berpakaian. Gunakanlah pakaian yang longgar dengan warna yang terang dan bahan yang ringan. Saat cuaca panas, memakai pakaian yang ketat dan berbahan tebal, akan membuat tubuh kita tidak mendapatkan sirkulasi udara yang baik.

3. Gunakanlah Tabir Surya
Tabir surya sangat penting digunakan untuk kulit, baik perempuan maupun laki-laki. Tabir surya berguna untuk melindungi kulit kita dari sinar ultra violet yang dapat merusak kesehatan kulit.

Gunakanlah secara rutin tabir surya pada kulit yang sering terpapar sinar matahari. Ulangi pemakaian setiap dua jam sekali, setelah Beauties berkeringat. American Academi of Dermatologymerekomendasikan penggunaan tabir surya atau sunscreen yang mengandung anti-UVA dan UVB dengan kandungan SPF30+ dan tahan air.


4. Carilah Tempat yang Teduh
Ketika berada di luar ruangan, tetap usahakan mencari tempat yang teduh agar tidak terlalu lama berada di bawah sinar matahari. Pasalnya bagi seseorang yang jarang terkena sinar matahari, akan mudah terkena Heatstroke.

Usahakan untuk tetap beristirahat di ruangan ber-AC, agar suhu tubuh kembali normal.

5. Jagalah Sirkulasi Udara yang Baik
Meskipun berada di dalam ruangan, besar kemungkinan tetap mengalami Heatstroke? Ada baiknya, untuk menutup jendela dengan kain agar mengurangi cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan atau gunakanlah kipas angin atau AC agar suhu ruangan menjadi sejuk. .(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *