Sederet Aplikasi Meal Planner yang Bantu Kamu Turunkan Berat Badan

Aplikasi pembantu diet. (Foto : Freepik)

Sukoharjonews.com – Saat ini semakin banyak orang yang mencari cara untuk menurunkan berat badan dengan cara yang sehat dan efektif. Salah satu kunci keberhasilan dalam menurunkan berat badan adalah dengan menjaga pola makan yang sehat dan teratur.


Dilansir dari Beautynesia, Rabu (17/5/2023), untuk membantu kamu dalam merencanakan menu makanan yang sehat, kamu bisa mencoba beberapa aplikasi meal planner yang tersedia di smartphone. Nah, berikut rekomendasi 5 aplikasi meal planner terbaik yang bisa membantu kamu mencapai tujuan turun berat badan dengan mudah dan menyenangkan.

1. Eat This Much
Aplikasi Eat This Much membantu kamu membuat rencana makan yang sesuai dengan preferensi, anggaran, dan jadwalmu. Kamu dapat mencapai target diet dan nutrisimu dengan mudah melalui beberapa fitur, seperti kalkulator kalori yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui kebutuhan kalori harianmu berdasarkan tujuan dan preferensi makanan.

Selain itu, terdapat fitur rencana makan mingguan, dimana Eat This Much akan membuatkan rencana makan mingguan yang dipersonalisasi sesuai preferensi dan jadwal kamu, sehingga kamu dapat lebih mudah merencanakan makanan sehari-hari. Terakhir adalah fitur daftar belanjaan yang dapat memastikan ketersediaan bahan makanan yang dibutuhkan setiap bulannya sesuai rencana makan yang kamu buat, sehingga menghindari pemborosan.


2. Yummly
Yummly adalah sebuah aplikasi memasak yang sangat populer di kalangan pecinta kuliner dan koki amatir. Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur unik untuk membantu pengguna dalam menemukan resep masakan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka.

Salah satu fitur terbaik dari Yummly adalah kemampuannya untuk menyesuaikan resep dengan preferensi pengguna. Misalnya, pengguna dapat memilih jenis diet yang ingin diikuti, seperti vegetarian, gluten-free, atau paleo, dan Yummly akan menampilkan resep masakan yang sesuai dengan preferensi tersebut.


3. Lose It!
Aplikasi Calories Counter by Lose It! ini telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna di Google Play Store. Aplikasi penghitung kalori berbasis mobile ini dirilis pada tahun 2008 dan telah dipublikasikan secara luas pada berbagai media seperti, Women’s Health, CNET, Buzzfeed, CNN, Shape, Good Morning America, dan masih banyak lagi.

Dilansir dari laman Lose It, beberapa fitur yang terdapat dalam aplikasi ini seperti, fitur Water Tracking yang membantu kamu untuk melacak asupan air harianmu, Device Integration yang memungkinkan kamu untuk terhubung dengan Apple Health dan Google Fit, sehingga dapat dengan mudah melacak aktivitas olahraga harianmu, hingga fitur Macro Tracking yang bisa menetapkan sasaran nutrisi makro yang dipersonalisasi.


4. Start Simple with MyPlate
Start Simple with MyPlate adalah aplikasi yang membantu pengguna untuk memilih makanan sehat dan seimbang sesuai dengan kebutuhan nutrisi mereka. Fitur-fiturnya termasuk menetapkan target dalam kelompok makanan MyPlate seperti sayuran, buah-buahan, protein, biji-bijian, atau produk susu.Selain itu, kamu juga bisa menandai target yang sudah tercapai, dan memperoleh badge sebagai penghargaan.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur dimana pengguna dapat melihat, menyimpan, dan membagikan tips dan pemikiran inspiratif dengan orang lain, serta terdapat challenges yang dapat diikuti agar tetap termotivasi dan mencoba tujuan baru dalam pola makan sehat.


5. Prepear
Prepear adalah aplikasi masak yang menyediakan berbagai fitur untuk membantu pengguna menyimpan dan mengorganisir resep, berbelanja dengan lebih cerdas, membuat rencana makan kustom, serta memasak dengan mudah. Aplikasi ini menyediakan daftar belanja yang dibuat berdasarkan resep yang telah dipilih serta rencana makanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi dan preferensi pengguna.

Selain itu, Prepear juga dilengkapi dengan petunjuk langkah demi langkah untuk setiap resep, kemampuan untuk menyesuaikan jumlah porsi, dan opsi untuk menandai resep yang telah dicoba, membuat catatan dan menyimpan variasi resep, serta membagikan resep dengan teman-teman atau keluarga.

Dengan bantuan aplikasi meal planner, kamu bisa merencanakan menu makanan yang sehat dan teratur dengan lebih mudah dan menyenangkan. Setelah mencoba beberapa aplikasi yang kami rekomendasikan, kamu dapat memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi makananmu.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *