Ragam  

Sebanyak 21 Warga Sukoharjo Terima Bantuan Baznas, Untuk Rehab RTLH dan Renovasi Rumah

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani mengantar langsung bantuan rehab RTLH dari Baznas, Senin (21/8/2023).

Sukoharjonews.com (Baki) – Bantuan kembali disalurkan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sukoharjo, Senin (21/8/2023). Kali ini, sebanyak 21 warga menerima bantuan untuk rehab rumah tidak layak huni (RTLH) dan renovasi rumah.


Para penerima bantuan tersebut tersebar di enam kecamatan. Masing-masing Kecamatan Sukoharjo delapan penerima, Mojolaban lima penerima, Polokarto tiga penerima, Grogol tiga penerima, dan Kecamatan Gatak serta Baki masing-masing satu penerima.

Bantuan tersebut diantar langsung oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani bersama Baznas. Nilai bantuan sendiri bervariasi mulai terkecil Rp4 juta untuk renovasi rumah dan terbesar Rp19 juta untuk rehab RTLH. Total bantuan yang disalurkan mencapai Rp183 juta.

Bupati sendiri menyalurkan bantuan di empat lokasi, masing-masing di Kecamatan Sukoharjo, Gatak, Mojolaban, dan Polokarto.


“Saya harap bantuan rehab ini dimanfaatkan betul untuk membangun rumah atau renovasi agar rumah menjadi layak huni. Nanti hasil rehab rumahnya dilaporkan melalui desa masing-masing,” ujar Bupati.

Etik mengatakan, selama ini memang ada permohonan bantuan yang masuk ke Bupati dan diteruskan ke Baznas. Sebelum bantuan diberikan, terlebih dahulu Baznas melakukan survei ke lokasi untuk memastikan bantuan yang diberikan tepat sasaran.

“Memang sengaja datang langsung ke beberapa lokasi untuk melihat langsung kondisi rumah yang mendapat bantuan. Dari pantauan ini diketahui jika masih banyak rumah yang tidak layak huni sehingga benar-benar butuh dibantu. Dinding masih dari “gedhek”, lantai masih ada yang dari tanah, tidak punya kamar mandi, dan lainnya,” ujarnya.


Sementara itu, Ketua Baznas Sukoharjo, Sardiyono, mengatakan ada 21 warga yang menerima bantuan rehab RTLH dan renovasi rumah. Penerima bantuan tersebut tersebar di enam kecamatan.

“Nilai bantuannya memang berbeda, hal itu ditentukan berdasarkan survei di lapangan. Tergantung kondisi rumah masing-masing,” ujarnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *