Ragam  

Santri Ponpes Al Mukmin Ngruki Ikuti Kegiatan Wasbang dan Outbond

Kodim 0726 Sukoharjo menggelar kegiatan wawasan kebangsaan dan outbond di Ponpes Al Mukmin Ngruki, Cemani, Kecamatan Grogol.

Sukoharjonews.com (Grogol) – Kodim 0726 Sukoharjo menggelar kegiatan wawasan kebangsaan (wasbang) di Pondok Pesanten (Ponpes) Al Mukmin, Ngruki, Cemani, Kecamatan Grogol. Kegiatan tersebut diikuti sekitar 50 orang santri. Selain kegiatan wasbang, kegiatan juga diselingi dengan kegiatan outbond, Kamis (25/8/2022).


Para Santri Sapala sendiri dibimbing oleh beberapa pelatih dari anggota Koramil 09 Grogol Kodim 0726 Sukoharjo. Sntri diberikan dan diedukasi dengan beberapa materi outbond, yang mana kegiatan outbond gunanya untuk memberikan semangat dan kekompakan kepada para santri.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Dandim 0726 Sukoharjo, Letkol Czi Slamet Riyadi. Sedangkan dari pihak ponpes turut menyambut dan mendampingi Dandim adalah Mudir Ponpes Al Mukmin, Ustad Yahya Abdurahman serta Humas Ponpes, Ustadz Muchson.

“Tujuan diselenggarakan Wasbang oleh Kodim 0726 Sukoharjo ini adalah untuk membentuk dan membangun karakter nasionalisme sejak dini,” ujar Dandim.

Dengan kegiatan tersebut diharapkan akan tumbuh kesadaran dari para santri agar semakin memiliki rasa tanggung jawab sebagai generasi muda yang aktif memupuk semangat persatuan dan kesatuan yang berdasar pada Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.


Para santri sendiri diberikan pengertian bahwa wawasan kebangsaan adalah konsep yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa-bangsa lainya. Yakni semangat kebangsaan dan rasa memiliki bangsa yang utuh dalam bingkai persatuan dan kesatuan sebagai sumber keutuhan dan kekuatan bangsa.

Wawasan kebangsaan mengamanatkan kepada seluruh bangsa agar menempatkan persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan.

“Para santri terlihat antusias mengikuti kegiatan ini, terutama pada materi outbond mereka tampak bersemangat mengikuti instruksi para pelatih, dengan dukungan dai pihak Ponpes direncanakan kedepan akan menargetkan seluruh santri Ponpes Al Mukmin,” tambah Danramil 09 Grogol, Kapten Czi Hartono. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *