Rumah Warga Sanggang, Bulu Roboh Tertimpa Tanah Longsor

Warga dibantu petugas Polsek dan Koramil Bulu bergotong royong melakukan pembersihan di lokasi tanah longsor yang menimpa rumah warga, Jumat (23/2).

Sukoharjonews.com (Bulu) – Bencana tanah longsor terjadi di Dukuh Kaligunting RT 02/02, Desa Sanggang, Kecamatan Bulu pada Kamis (22/2) sore. Tanah longsor yang menimpa sebuah rumah warga tersebut terjadi dipicu turunnya hujan deras di wilayah tersebut. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut meski salah satu penghuni rumah mengalami luka di bagian kaki karena tertimpa balok kayu.



Dari informasi yang berhasil dihimpun, pemilik rumah yang tertimpa longsor adalah Jumianto, 40. Sedangkan korban terluka merupakan salah satu penghuni rumah yang lain, yakni Anis, 35. Saat kejadian, korban luka tengah berada di teras. Saat tanah longsor menimpa rumah, korban yang berada di teras kemudian tertimpa balok kayu di bagian kaki sehingga mengalami luka.

“Saat itu memang tengah turun hujan deras. Tiba-tiba terdengar suara gemuruh yang menyerupai ledakan. Ternyata tebing di samping rumah longsor dan menimpa rumah hingga roboh,” ujarnya, Jumat *23/2).

Dikatakannya, akibat longsor tersebut rumah langsung roboh dimana salah satu balok kayu rumah menimpa kaki Anis. Beruntung saat itu ada tetangga yang lewat dan menolongnya. Akibat kejadian itu, kaki kanan Anis mengalami luka memar. Saat ini, korban sudah mendapatkan perawatan. Setelah itu, kejadian longsor ini dilaporkan pada Polsek Bulu dan Koramil Bulu.

Sedangkan Kapolsek Bulu AKP Sarwoko mengatakan, kejadian tersebut sudah ditangani oleh petugas Polsek bersama Koramil. Menurutnya, tebing yang longsor menimpa rumah Jumianto dimana salah satu penghuni rumah, Anis tertimpa balok kayu bagian rumah. “Tidak ada korban jiwa tapi ada yang terluka ringan memar pada bagian kaki kanan,” ujarnya.

Sarwoko mengatakan, tebing yang longsor hanya berjarak puluhan meter dari rumah korban. Tinggi tebing diperkirakan sekitar 25 meter. Kejadian tebing longsor itu diketahui karena hujan deras yang turun cukup lama. Kerugian akibat kejadian tersebut diperkirakan mencapai Rp50 juta. Evakuasi tanah longsoran dilakukan bersama-sama dengan bergotong royong.

Sarwoko mengimbau untuk warga lainnya agar berhati-hati dan waspada terhadap longsor susulan yang terjadi. Bila terjadi intensitas hujan tinggi, diharapkan warga waspada dan saling mengingatkan. Pasalnya, saat ini hujan deras diperkirakan masih akan turun. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.