RTLH Sukoharjo Masih 8.275 Unit, Tiap Tahun Targetkan Rehab 1.400 Unit RTLH

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani saat menyalurkan bantuan rehab RTLH dari Baznas.

Sukoharjonews.com – Jumlah rumah tidak layak huni (RTLH) di Kabupaten Sukoharjo tercatat masih 8.275 unit hingga akhir 2023 lalu. Untuk itu, Pemkab Sukoharjo menargetkan setiap tahun dilalukan rehab terhadap 1.400 RTLH sehingga dalam beberapa tahun ke depan Sukoharjo sudah terbebas dari RTLH.


Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Sukoharjo, Lanjar Budi Wahyono, mengatakan, Pemkab Sukoharjo setiap tahun memasang target rata-rata menjalankan program rehab sebanyak 1.400 RTLH di 12 kecamatan. Target tersebut ditetapkan dengan mengandalkan sumber anggaran APBD Kabupaten Sukoharjo, APBD Provinsi Jawa Tengah, APBN pusat, serta program CSR BUMD.

“Untuk target rehab 1.400 unit RTLH itu anggaran utamanya masih dari pusat melalui BSPS Kementerian PUPR. Selain itu, ada juga rehab dengan sumber anggaran Pemprov Jateng, bantuan Baznas, CSR Bank Jateng, dana desa, dan lainnya,” terang Lanjar, Selasa (12/3/2024).

Lanjar mengaku, pada tahun 2023 rehab RTLH dilakukan terhadap 1.600 unit RTLH sehingga melampuai target yang ditetapkan.


Menurutnta, sesuai data, pada akhir 2022 masih tercatat ada 9.936 unit RTLH yang belum tertangani. Kemudian di tahun 2023 lalu telah dilakukan rehab terhadap 1.661 unit RTLH. Dengan demikian, hingga akhir tahun 2023 jumlah RTLH tersisa masih 8.275 unit.

“Jumlah RTLH di Kabupaten Sukoharjo menurun drastis. Dalam setiap tahun lebih dari 1.000 unit RTLH ditangani Pemkab Sukoharjo melalui berbagai sumber anggaran,” lanjutnya.

DPKP Sukoharjo berharap angka RTLH setiap tahun bisa turun dan mengurangi data jumlah unit yang ada. Sebab penanganan dilakukan secara merata disemua wilayah di Kabupaten Sukoharjo.


“Seperti misalnya bantuan dari Baznas Sukoharjo mereka menyasar RTLH disemua kecamatan. Bantuan diberikan untuk perbaikan RTLH hampir setiap bulan dengan jumlah bervariasi. Program tersebut sangat baik dan membantu Pemkab Sukoharjo dalam menuntaskan RTLH,” lanjutnya.

Sebelumnya, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, mengatakan, Pemkab Sukoharjo sangat serius untuk menyelesaikan penanganan RTLH. Pasalnya, jumlah RTLH di Kabupaten Sukoharjo sampai akhir tahun 2023 masih 8.275 unit RTLH.

“Tentunya penanganan dilakukan secara bertahap setiap tahun melalui berbagai sumber anggaran,” ujarnya. (nano)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *