Robot Humanoid Huawei Sedang Diuji di Pabrik EV Nio

Robot Humanoid Huawei. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Produsen kendaraan listrik (EV) asal China, Nio dikabarkan sedang menjajaki potensi robot humanoid di lini produksinya. Laporan terbaru dari China Star Market mengungkapkan bahwa Nio sedang menguji robot Kuavo, yang dikembangkan oleh Leju Robotics, di pabriknya.


Dikutip dari Gizmochina, Rabu (10/7/2024), yang paling penting adalah Kuavo adalah robot bertenaga HarmonyOS pertama yang diluncurkan oleh Huawei pada konferensi pengembang HDC 2024 pada bulan Juni.

Nio bukan satu-satunya produsen mobil yang menjajaki penggunaan robot humanoid di jalur perakitan. Namun, tampaknya negara ini menjadi yang terdepan dalam perkembangan ini.

Sebelum pengujian Kuavo, robot humanoid lainnya, Walker S dari UBTech Robotics, menjalani pelatihan di pabrik Nio pada Februari 2024. Ini menandai pelatihan pertama di dunia nyata untuk robot Walker S dalam kendaraan energi baru (NEV ) pengaturan pabrik.

Selama pelatihan, Walker S memanfaatkan kemampuan pengambilan gambar dan transmisinya untuk tugas pengendalian kualitas seperti memeriksa kunci pintu, sabuk pengaman, dan penutup lampu depan. Selain itu, robot tersebut mampu membubuhkan logo kendaraan seperti terlihat dalam video yang dibagikan UBTech Robotics.


Ketertarikan Nio pada robot humanoid tidak hanya terbatas pada robot individu. Pada bulan April 2024, Yi Peng, kepala robot humanoid untuk rekayasa intelektual Nio, mengungkapkan pembentukan “pasukan” robot humanoid di Konferensi Ekologi Robot Humanoid Tiongkok. Yi juga menguraikan dua bidang fokus utama dalam upaya robotika humanoid Nio:

Nio sendiri membentuk “pasukan” robot humanoid khusus pada tahun 2023, dengan fokus pada dua bidang utama:

– Memperbaiki lengan robot humanoid di ruang sempit dan melakukan banyak tugas dengan 5G dan algoritma penglihatan.
– Menggunakan robot humanoid dalam beberapa proses kendali mutu.

Meskipun sejauh mana kolaborasi Nio dengan Huawei dan Leju Robotics masih belum jelas, pengujian robot Kuavo yang didukung HarmonyOS merupakan langkah signifikan dalam upaya perusahaan untuk memasukkan robot humanoid ke dalam proses produksinya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *