Rizal Daffa Diatama-Dhea Vinda Asyahira Raih Gelar Mas Mbak Sukoharjo 2022

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani saat menyetrahkan hadiah untuk pemenang Mas-Mbak Sukoharjo 2022, Minggu (28/8/2022) malam.

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Grand Final Pemilihan Mas Mbak Sukoharjo 2022 digelar di Auditorium Gedung Menara Wijaya lantai 10, Minggu (28/10/2022) malam. Setelah melalui serangkain seleksi dan penilaian, dari 10 finalis yang tampil akhirnya terpilih Rizal Daffa Diatama (Sukoharjo) dan Dhea Vinda Asyahira (Grogol) sebagai Mas Mbak Sukoharjo 2022. Kedua peserta tersebut berhasil menyisihkan sembilan pasang finalis lainnya.


Grand Final Mas Mbak Sukoharjo 2022 juga dihadiri Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Wakil Bupati, Agus Santosa serta sejumlah pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Plt Kepala Dinas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Sukoharjo, Darno menyampaikan bahwa sebelum para finalis tampil dalam Grand Final terlebih dahulu dilakukan pembekalan. Materi pembekalan sendiri meliputi “Table Manner Cource”, manajemen perhotelan, “ngadi saliro ngadi busono”, “Beauty Class”, bahaya narkoba, “public speaking”, serta materi lainnya.

Selain Juara 1, lanjut Darno, panitia juga memilih Juara 2 dan Juara 3 masing-masing satu pasang. Panitia juga memilih Juara Favorit, Juara Persahabatan, dan Juara Best Talent masing-masing satu orang. Pemenang dua kategori terakhir dipilih melalui “polling” SMS yang dilakukan oleh panitia. Untuk Juara 1 baik mas maupun mbak berhak atas hadiah uang senilai Rp15 juta dan juga trophy.

Sedangkan untuk Juara 2 mendapatkan Rp6 juta, dan Juara 3 Rp5 juta, Juara Favorit Rp3 juta, Juara Persahabatan Rp3 juta, Best Talent Rp3 juta, dan finalis yang belum mendapat juara mendapatkan uang pembinaan berupa tabungan Rp1 juta.


Dikatakan Darno, dengan pemilihan Mas dan Mbak Sukoharjo diharapkan bisa memperoleh sosok generasi muda yang memiliki kemampuan, keterampilan, dan pengetahuan di berbagai aspek khususnya pariwisata. “Kami berharap ajang ini mampu memperoleh generasi muda yang bertanggungjawab dengan kepemimpinan dan keteladanannya,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, mengatakan bahwa pemilihan Mas dan Mbak Sukoharjo digelar untuk memilih sosok putra dan putri Kabupaten Sukoharjo yang memiliki ilmu kepariwisataan yang luas, disiplin, mandiri, serta mempunyai kepribadian yang konsisten dengan ucapan dan tindakan. Pemilihan mas dan mbak sendiri dilakukan melalui proses yang ketat dimana dimulai dengan tes tertulis, tes wawancara yang meliputi bidang pariwisata dan pengetahuan serta penampilan dan bakat.

“Pemenang duta wisata ini menjadi tauladan atau contoh dalam hal-hal berkenaan dengan wisata, seni, budaya, dan pendidikan,” kata Etik.

Dalam kesempatan itu, Etik juga mengucapkan selamat kepada pemenang Mas Mbak Sukoharjo dan berharap para pemenang bisa mempromosikan pariwisata Kabupaten Sukoharjo. “Yang saya harapkan Mas dan Mbak Sukoharjo memiliki wawasan kepariwisataan yang luas, disiplin, mandiri serta memiliki kepribadian yang tangguh,” harap Etik. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *