Resmi Meluncur, New Yamaha MT-09 2024, Cek Spesifikasi dan Harganya

Yamaha MT-09 2024. (Foto: Greatbiker)

Sukoharjonews.com – Meski baru memperbarui produknya pada tahun 2020, baru-baru ini Yamaha kembali mengumumkan peningkatan lainnya pada New MT-09 yang ditingkatkan. Hadir dengan tank baru Desain ergonomis yang lebih sporty dan sistem elektronik yang ditingkatkan.


Dikutip dari Greatbiker, Selasa (19/3/2024), hal itu dianggap sebagai pembaruan baru yang dianggap sebagai penyegaran model. Setelah pertama kali diluncurkan pada tahun 2014 dengan nama FZ-09, terjadi pembaruan besar-besaran. Perubahan kapasitas mesin dari 847 cc menjadi 890 cc pada tahun 2020 seiring dengan perubahan model baru yang memiliki tampilan motor lebih ala Street Fighter hingga model saat ini.

Dengan adanya perubahan model lagi, di tahun 2024 hampir semuanya berubah. Bahkan lampu depannya pun sudah diperbarui. Menariknya, bentuk lampunya lebih ringkas dibandingkan sebelumnya. Kelebihan MT09 terbaru ini adalah posisi lampunya sedikit digeser ke bawah sehingga terlihat berbeda dari sebelumnya. Lampu proyektor utama diposisikan diapit oleh lampu DRL.

Yamaha MT-09 2024. (Foto: Greatbiker)

Bukan hanya lampu depannya saja yang diperbaiki. Asupan udara depan juga telah diubah bentuknya di sisi tangki bahan bakar. Bentuk tangki bahan bakar mengalami perubahan dan posisi tangki bahan bakar kini lebih rendah 1,2 inci dibandingkan tangki model sebelumnya, membuat posisi berkendara New 2024 New MT-09 lebih condong ke depan.


Pada saat yang sama, sudut putar setang ditingkatkan sebesar 4 derajat, dan yang terpenting, perubahan posisi ini didukung. Yakni, kursi baru. Yamaha New MT-09 2024 kini menggunakan jok split. Kursi baru lebih ramping. Namun tinggi joknya tetap di 32,5 inci, hanya jok belakang yang kini lebih tinggi dari sebelumnya.

Tak hanya itu, pada New MT-09 versi 2024, Yamaha juga mengalami perubahan ketinggian setang. yang akan sedikit menurunkan levelnya. Dan hebatnya, stangnya bisa diatur dua tingkat ketinggiannya sesuai dengan tubuh pengendaranya. Pijakan kaki telah dipindahkan ke belakang 30,6 mm dan posisi pemasangan diubah menjadi lebih tinggi 9,5 mm untuk posisi berkendara yang lebih agresif.

Yamaha MT-09 2024. (Foto: Greatbiker)

Yang menarik bukan hanya bagian depannya saja, karena Yamaha juga telah merevisi pijakan kaki belakang untuk penumpang baru. Turunkan dan mundur lebih jauh. Ada juga sub-frame belakang dengan desain baru. Selain itu, Yamaha juga menambahkan port USB-C di bawah jok untuk mendukung penggunaan dalam kehidupan digital modern.


Sedangkan untuk sistem transmisi tidak ada perubahan teknis. Masih menggunakan mesin 3 piston cross plane berukuran 890 cc berpendingin cairan. Itu menghasilkan tenaga maksimal 119 tenaga kuda (hp) pada 10.000 rpm dan torsi maksimal 93 Nm pada 7.000 rpm. Namun Yamaha mengubah bentuk Air-Box yang hadir dengan desain mesh sehingga terlihat lebih sporty.

Yamaha telah mengonfirmasi siap menjual New MT-09 pada April mendatang. Khusus untuk pasar Jepang, harga versi standarnya adalah 1.254.000 Yen atau sekitar Rp132 jutaan. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *