Ragam  

Rekrutmen Perangkat Desa Berbau Nepotisme, Warga Dalangan Tawangsari Demo

Puluhan warga Desa Dalangan, Kecamatan tawangsari, Sukoharjo demo terkait rekrutmen perangkat desa, Rabu (23/11/2022).

Sukoharjonews.com (Tawangsari) – Proses rekrutmen perangkat desa (perdes) Desa Dalangan, Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo diprotes warga. Bentuk protes tersebut diwujudkan dengan aksi demo di depan balai desa, Rabu (23/11/2022).


Puluhan warga memprotes proses rekrutmen kepala dusun (kadus) yang diuga sarat dengan nepotisme dan
akan diisi oleh orang dati luar wilayah. Dalam aksinya, warga membentangkan spanduk dan poster yang menuding rekrutmen kadus berbau nepotisme.

Salah satu perwakilan pendemo, Bambang, mengatakan warga yang berdemo menolak jika nantinya yang menjadi Kadus merupakan kerabat dari Kepala Desa (kades). Untuk itu, dengan demo tersebut diharapkan tidak terjadi kasus nepotisme tersebut.

“Warga menginginkan yang jadi Kadus II Desa Dalangan, ya dari warga sendiri, bukan warga luar wilayah,” tegasnya.

“Kami menyadari aturan bahwa pelamar bisa dari luar. Tetapi, warga lebih menginginkan dari warga Dalangan sendiri khususnya dari wilayah kadus II,” sambungnya.


Bambang juga mengatakan, saat ini ada dua calon yang lolos tes dan salah satunya merupakan warga luar dan masih kerabat kades. Warga mencium gelagat yang akan diloloskan adalah kerabat kades tersebut.

Kepala Desa (Kades) Dalangan, Bagyo Slameto saat dikonfirmasi mengatakan bahwa saat ini sudah ada dua calon yang lolos seleksi dan ikut tahap akhir seleksi, yakni wawancara. Namun, mengenai siapa nanti yang terpilih berdasarkan nilai dan juga rekomendasi dari Camat.

“Normatif saja, nanti yang dipilih berdasarkan nilai dan rekomendasi. Terkait dengan aspirasi warga, kami terima dan tampung, tetapi keputusan nanti tetap berdasarkan hasil seleksi,” jelas Bagyo.

Ia juga membantah danya anggapan jika dirinya nanti akan memilih kerabatnya sendiri yang menjadi Kadus. Pasalnya, saat ini proses rekrutmen masih berjalan.


Berdasarkan data yang ada, dalam proses rekrutmen perangkat Desa Dalangan ini ada enam calon yang mendaftar. Namun, dalam prosesnya hanya dua calon yang lolos seleksi dan iktui tes wawancara.

Selain itu, juga ada informasi yang menyebutkan, beberapa waktu lalu ada juga pengisian perangkat desa dan yang menjadi perangkat terpilih masih keluarga dari Kades.

Sedangkan Camat Tawangsari, Bambang Sumiratno, saat ditemui di Desa Dalangan mengatakan aspirasi warga ditampung untuk nantinya dibahas lebih lanjut oleh Kades. Sebab, proses rekrutmen masih berjalan dan belum selesai. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *