Rekomendasi Makanan yang Rendah Kalori Tapi Kaya Nutrisi

Makanan rendah kalori kaya nutrisi. (Foto: livestrong)

Sukoharjonews.com – Saat berencana menurunkan berat badan, maka beberapa pilihan makanan rendah kalori untuk diet berikut ini tak boleh dilewatkan. Pasalnya, sejumlah asupan ini tetap mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh meskipun kadar kalorinya cukup rendah.


Dikutip dari Siloam Hospital, pada Kamis (1/6/2023), tidak semua makanan rendah kalori bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Terdapat beberapa contoh makanan rendah kalori untuk diet namun tetap kaya akan nutrisi, di antaranya:

1. Telur
Makanan rendah kalori untuk diet yang pertama adalah telur. Satu butir telur ayam diketahui mengandung 72 kalori, 6 gram protein, dan sudah dilengkapi dengan berbagai mineral dan vitamin yang penting bagi tubuh.

Telur juga termasuk salah satu makanan berprotein tinggi yang mengenyangkan sehingga bisa mengurangi rasa lapar. Namun, jika sedang diet, sebaiknya konsumsi telur dengan cara direbus untuk menghindari kandungan lemak tak sehat dari minyak goreng.


2. Dada Ayam
Daging tanpa lemak seperti dada ayam adalah salah satu makanan rendah kalori tinggi protein. Pasalnya, dalam 85 gram dada ayam yang belum dimasak hanya mengandung sekitar 100 kalori. Selain rendah kalori dan tinggi protein, dada ayam tanpa kulit juga menjadi sumber niasin, selenium, dan vitamin B12 yang baik untuk tubuh.

Agar tetap menjadi olahan makanan rendah kalori yang sehat, dada ayam sebaiknya dimasak sebagai sup dengan tambahan sayur-sayuran seperti wortel dan brokoli untuk meningkatkan kandungan nutrisinya.


3. Ikan Kod
Ikan kod adalah ikan tanpa lemak dan merupakan pilihan makanan rendah kalori untuk diet yang tepat apabila Anda penggemar makanan laut. Pasalnya, kalori dalam ikan kod lebih rendah dibandingkan ikan salmon, sarden, tuna, dan ikan-ikan lainnya, yaitu kurang dari 70 kalori dan 15 gram protein per 85 gram ikan kod.

Dengan demikian, ikan kod bisa mengurangi rasa lapar dan mengendalikan nafsu makan. Ikan kod dapat dikonsumsi dengan cara dipepes atau dibuat sup agar tetap rendah kalori.


4. Kacang Hijau
Dengan kandungan kalori yang cukup rendah, yaitu 44 kalori per satu cangkir kacang hijau, makanan ini cocok menjadi menu diet Anda. Kacang hijau juga termasuk dalam makanan tinggi serat, mineral, serta vitamin A,B, dan C. Anda dapat mengonsumsi kacang hijau dengan mengolahnya menjadi tumisan atau bubur.

5. Semangka
Rekomendasi makanan rendah kalori untuk diet selanjutnya adalah semangka. Buah ini disinyalir memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi dan merasa kenyang lebih lama.

Di dalam 125 gram semangka potong diketahui mengandung sekitar 46 kalori. Bahkan, buah ini juga diperkaya dengan vitamin A dan C. Alih-alih mengonsumsi camilan yang kurang sehat, Anda dapat dapat memilih semangka sebagai penggantinya.


6. Kentang
Kentang juga bisa menjadi pilihan makanan diet rendah kalori apabila diolah dengan cara direbus atau dipanggang. Kentang panggang berukuran sedang yang tidak dikupas kulitnya diketahui mengandung sekitar 161 kalori. Di dalam kentang juga terdapat kandungan protein dan serat yang bisa membuat seseorang merasa kenyang.

Demikian beberapa makanan rendah lemak yang kaya akan nutrisi. (cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *