Ramuan Jahe dan Kunyit untuk Mengatasi Siklus Menstruasi

Ramuan kunyit jahe atasi siklus menstruasi. (Foto : Freepik)

Sukoharjonews.com – Menstruasi sudah menjadi bagian dari kehidupan perempuan dewasa. Biasanya, menstruasi yang teratur terjadi setiap bulannya dengan lama siklus antara 28-35 hari.


Dilansir dari pharmaeasy.in, Senin (5/6/2023), apabila siklus menstruasi terjadi lebih dari 35 hari atau jeda waktunya berbeda setiap bulan, maka tergolong pada siklus menstruasi yang tidak teratur. Banyak faktor yang mempengaruhi masalah menstruasi yang satu ini

hormon tidak seimbang, stress, pil kontrasepsi, diet tidak sehat, hingga masalah kesehatan seperti PCOS, menjadi beberapa penyebab tidak teraturnya menstruasi kamu.

Masalah ini juga diikuti dengan tanda-tanda lain, seperti darah yang menggumpal ketika haid, munculnya bercak saat ingin atau sesudah masa haid, hingga sakit punggung dan kram perut.


Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan beberapa bumbu dapur untuk mengatur siklus menstruasimu, seperti kunyit dan jahe. Dua tanaman herbal ini, sudah lama dipercaya sebagai obat tradisional yang mampu meringankan masalah kesehatan.

Menstruasi tidak teratur dan masalah hormon tidak seimbang, ternyata juga bisa teratasi dengan rutin mengkonsumsi ramuan kunyit atau jahe. Tidak hanya bahannya yang mudah ditemukan, kamu juga bisa dengan mudah mengolah kunyit maupun jahe sebagai ramuan herbal untuk masalah menstruasimu.


Minuman Jahe
Jahe memiliki kandungan gingerol yang mampu mengurangi peradangan. Kandungan ini juga membantu kontraksi otot rahim, serta menjaga keseimbangan hormon tubuh. Mengkonsumsi air jahe secara rutin, bisa membuat siklus menstruasimu teratur.

Dikutip dari timesofindia.indiatimes.com, air jahe atau teh jahe bisa kamu buat dengan menyiapkan 1 gelas air dan 2 inci jahe. Caranya, masukkan segelas air ke panci, lalu masukkan pula jahe yang telah dipotong-potong. Didihkan diatas api sedang selama 3 menit. Kemudian, saring dan sajikan air jahe selagi hangat.

Kamu juga bisa menambahkan perasan jeruk lemon dan madu. Konsumsilah di pagi atau sore hari. Kamu bisa mengkonsumsinya dengan perut kosong. Namun, apabila khawatir dengan masalah lambungmu, cobalah konsumsi setelah sarapan.Selain menjaga siklus siklus menstruasi, ramuan jahe ini juga bisa membuat metabolisme tubuh meningkat.


Minuman Kunyit
Tidak berbeda jauh dengan jahe, kunyit juga memiliki sifat anti-inflamasi. Selain itu, kunyit juga memiliki sifat anti-spasmodik yang dapat mengurangi kram rahim. Kamu bisa merebus air dengan kunyit dan rutin mengonsumsinya.

Cara lainnya dengan melarutkan bubuk kunyit dalam susu hangat, lalu menambahkan madu sebagai pelengkapnya. Kamu bisa mengonsumsinya sebagai sarapan setiap pagi. Rutinlah mengonsumsinya hingga kamu mendapatkan menstruasi.


Ramuan Herbal Kunyit dan Jahe
Terakhir, kamu bisa membuat ramuan dari jahe, kunyit, kayu manis dan serai untuk mengatur siklus menstruasimu. Caranya, potong 2 inci kunyit dan jahe, potong juga 1 batang serai, serta siapkan kayu manis.

Rebus semua bahan dalam 1,5 gelas air di atas api sedang, selama kurang lebih 3 menit. Jika sudah mendidih, matikan api, saring dan tuangkan dalam gelas. Sajikan dan konsumsi selagi hangat.

Pastikan kamu tidak mengonsumsinya lebih dari 4 gr per hari. Jika kamu memiliki penyakit diabetes, ada baiknya konsultasikan lebih dulu dengan doktermu, sebelum mengonsumsi ramun herbal ini.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *