Puncak Dies Natalis Univet Bantara Sukoharjo Ke-56, Rektor: Tahun Ini Univet Membuka Lima Prodi Baru

Rektor UnIvet Bantara Sukoharjo, Prof Farida Nugrahani saat melaporkan kinerja universitas satu tahun terakhir dalam Sidang Senat Terbuka Dies Natalis Ke-56, Kamis (28/3/2024).

Sukoharjonews.com – Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo menggelar Sidang Senat Terbuka Puncak Dies Natalis Ke-56 di Auditorium, Kamis (28/3/2024). Dalam kesempatan tersebut, Rektor Prof Farida Nugrahani melaporkan kinerja dalam satu tahun terakhir. Sedangkan Orasi Ilmiah disampaikan oleh Wakil Rektor (WR) 1, Sri Hartati.


Dalam laporannya, Prof Farida menyampaikan, sebagai perguruan tinggi yang adaptif, Univet Bantara senantiasa berbenah untuk mengembangkan diri menjadi perguruan tinggi besar dan unggul guna menyesuaikan dengan tuntutan perkembangan zaman. Berbagai bidang, baik akademik, sarpras, keuangan dan SDM, dan kemahasiswaan terus dipacu untuk mencapai perkembangan yang optimal.

Untuk capaian kinerja di tahun 2023 sendiri, lanjut Prof Farida, untuk Bidang 1 ada peningkatan status akreditasi sejumlah program studi dimana saat ini sudah enam prodi dengan akreditasi unggul. Jumlah itu naik empat prodi karena tahun 2022 baru dua prodi.

Enam prodi terakreditasi unggul tersebut masing-masing S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, S1 Pendidikan Geografi, S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, S1 Pendidikan Sejarah, dan S1 Pendidikan Biologi. Sedangkan prodi yang mendapatkan akreditasi baik sekali adalah S1 Peternakan, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, dan S1 Teknologi Pendidikan, dan Perekam Medik.


“Selain capaian yang lain adalah mendapatkan dana hibah pembukaan program studi baru,” ujar Prof Farida.

Tahun ini, ujarnya, Univet Bantara Sukoharjo mendapatkan hibah akselerasi penggabungan perguruan tinggi sehingga tahun ini ada penambahan lima prodi baru. Lima prodi baru tersebut D3 Administrasi Rumah Sakit, S1 Akuntansi, S1 Hukum, S1 Pendidikan Jasmani, dan S1 PAUD.

“Univet Bantara juga menerima mahasiswa PPG sebanyak 839 mahasiswa dengan anggaran Rp5,2 miliar,” ujarnya.

Untuk raihan hibah eksternal, pada tahun 2023 Univet Bantara Sukoharjo memperoleh dana Rp8,314 miliar. Prof Farida juga menyampaikan jika berdasarkan Edurank, Univet Bantara memperoleh rangking 97 dan berdasarkan Surat Nomor 1639/E5/Al.04/2023 DRPTM Kemdikbud Ristek, Univet Bantara masuk klaster Utama.


Untuk Bidang 2, antara lain penambahan jaringan internet Gedung FKM lantai 2 dan 3, pembuatan foodcourt. Untuk UPT Univet Press sudah bergabung sebagai anggota Perpusnas dan APPTI serta melayani pencetakaan untuk keperluan dosen dan universita.

“Untuk Bidang 3 kinerja kemahasiswaan, memperoleh danah hibah dari Kemdikbud dengan total Rp1,550 miliar,” ujar Prof Farida.

Usai laporan kinerja satu tahun terakhir, kemudian dilanjutkan dengan orasi ilmiah dari Wakil Rektor (WR) 1, Sri Hartati. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *