PTM Tahap 2 Berlanjut di Semua Kecamatan, Dilaksanakan Mulai 19-30 April

Pelaksanaan ujicoba PTM tahap 2 digelar di semua kecamatan mulai 19-30 April 2021.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Ujicoba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) tahap 1 selesai per 16 April lalu. Karena berjalan lancar, ujicoba PTM tahap 2 dilakukan di semua SMP di kecamatan dan dimulai 19-30 April. Mekanisme PTM tahap 2 masih sama dengan PTM tahap 1 lalu dimana protokol kesehatan menjadi perhatian utama.



“Ujicoba PTM tahap 1 sudah selesai dan di Sukoharjo berjalan aman dan lancar sehingga dilanjutkan dengan ujicoba tahap 2 mencakup semua kecamatan,” ujar Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo, Warsini, Minggu (18/4/2021).

Untuk empat sekolah yang sudah melaksanakan ujicoba PTM, lanjut Warsini, mulai 17 April hingga dua minggu kedepan kembali melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau online. PJJ kembali dilakukan sembari menunggu hasil evaluasi uji coba PTM dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah. Khusus untuk SMPN 1 Sukoharjo yang melakukan ujicoba PTM tahap 1, tetap harus menunggu hasil evaluasi terlebih dahulu.

Soal teknis uji coba PTM tahap 2 sendiri masih sama, seperti dimulai pukul 07.30 WIB, diterapkan bagi siswa kelas VIII, pembatasan jumlah siswa disetiap ruang kelas, pengaturan jarak meja dan kursi siswa, wajib memakai masker dan lainnya. Selama uji coba PTM siswa juga wajib diantar orang tua dari rumah langsung ke sekolah.

Hal senada diungkapkan Kepala Disdikbud Sukoharjo, Darno. Menurutnya, sekolah yang akan menjalani ujicoba PTM tahap 2 sudah melakukan persiapan. Selama ini dinas sudah memberikan sosialisasi dan melalukan pemantauan terkait persiapan sekolah.

“Dari laporan terakhir, semua sekolah sudah siap melaksanakan uji coba PTM tahap 2,” ujar Darno.

Selama pelaksanaan ujicoba PTM tahap 2, lanjut Darno, dinas akan melakukan pemantauan penuh disemua sekolah. Pemantauan meliputi aktivitas belajar mengajar dan penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona. Bahkan, jika ada orang tua murid yang tidak mengizinkan anaknya ikut uji coba PTM, sesuai kebijakan dari pemerintah tidak boleh dipaksa. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed