PT Sritex Ingin Nambah Sewa Satu Blok Rusunawa Joho, Masih Nego Jangka Waktu Sewa

Rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) di Kelurahan Joho, Sukoharjo.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – PT Sritex diketahui tertarik untuk menambah satu blok Rusunawa di Kelurahan Joho. Selama ini, Sritex telah menyewa dua blok Rusunawa Joho, yakni Blok E dan F. Saat ini, PT Sritex tengah melakukan negosiasi untuk menyewa Blok C yang masih kosong dengan jangka waktu 10 tahun. Disisi lain, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) menginginkan jangka waktu sewa selama tiga tahun seperti dua blok sebelumnya.



Kepala DPKP Sukoharjo Suraji mengatakan, terkait keinginan PT Sritex tersebut, DPKP menginginkan jangka waktu sewa tetap tiga tahun, tidak 10 tahun seperti yang diinginkan PT Sritex. “Permohonan pengajuan sewa sudah ada dari PT Sritex untuk Blok C untuk jangka waktu 10 tahun. Rusunawa Blok C tersebut akan digunakan oleh karyawan PT Sritex,” ujar Suraji, Selasa (25/6).

Dikatakan Suraji, Rusunawa Blok C sendiri terdiri dari 52 unit dimana tiap unit terdiri dari dua kamar. Selama ini, tarif sewa sendiri berbeda tiap lantainya. Untuk lantai satu sebesar Rp100 ribu, lantai dua Rp75 ribu, dan lantai 3 sebesar Rp50 ribu. Tarif tersebut belum termasuk biaya air dan listrik. Untuk tarif sendiri, ujar Suraji, PT Sritex bersedia mengikuti aturan yang berlaku.

Suraji juga mengatakan, untuk tiga blok Rusunawa lainnya sudah ditempati oleh masyarakat. Masing-masing A, B, dan D. Blok A dan B terdapat 48 unit dan blok sisanya terdapat 52 unit dengan masing-masing dua kamar. Diakui Suraji, penghuni Rusunawa sendiri sekitar 80% merupakan warga perantauan luar Sukoharjo yang bekerja di wilayah Sukoharjo.

“Selama ini pembayaran retribusi dilakukan setiap bulan dan jatuh tempo pembayaran sampai tanggal 20 tiap bulannya. Bagi penghuni yang telat membayar retribusi serta biaya air dan listrik maka akan diberikan peringatan,” ujarnya.

Suraji menambahkan, selama ini penghuni Rusunawa diprioritaskan bagi warga Sukoharjo dan terutama pekerja pabrik karena lokasi juga dekat dengan pabrik. Selain itu, salah satu syaratnya adalah sudah berkeluarga. Hasil dari retribusi sendiri digunakan untuk pengelolaan dan perawatan rusunawa. Dalam satu bulan, retribusi dari Rusunawa sendiri sekitar Rp11 juta. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed