Proyek Gedung Terpadu Setda Capai 41%, Sistem Pembayaran Gunakan Prestasi Kerja

Proyek pembangunan Gedung Terpadu Setda memasuki pekan ke-27. Saat ini, proyek mencapai 41% dan melebihi perencanaan.

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Pelaksana proyek pembangunan Gedung Terpadu Setda Sukoharjo kembali melakukan pekerjaan usai Lebaran lalu. Hingga saat ini, pelaksanaan proyek sudah mencapai 41%. Terkait proyek tersebut, saat ini menggunakan sistem pembayaran “monthly certificate” atau sertifikat bulanan. Dengan sistem baru tersebut, pembayaran dilakukan sesuai dengan prestasi kerja.



“Prestasi kerja itu maksudnya setelah pelaksana melakukan pekerjaan kemudian dilaporkan pada Manajemen Konstruksi (MK) dan PPK. Setelah dicek lapangan dan di-acc oleh dua institusi tersebut, baru diserahkan ke PPTK atau Bagian Umum Setda,” jelas Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Feriyanti, Rabu (11/7).

Lebih lanjut Feri mengatakan, setelah mendapatkan pengajuan, Bagian Umum akan memberikan pembayaran sesuai dengan prestasi pekerjaan. Sistem pembayaran tersebut berbeda dengan proyek-proyek sebelumnya. Dimana dalam proyek yang sudah berjalan pembayaran menggunakan sistem termin.

Menurutnya, dengan sistem itu, proses akan lebih fair dan transparan sehingga setiap keluar masuk uang disesuaikan dengan kondisi di lapangan atau prestasi pekerjaan yang sudah dilaksanakan oleh kontraktor. Disinggung perkembangan proyek, Feri mengaku hingga pekan ke-27 ini, pekerjaan gedung berlantai 10 masih sesuai perencanaan bahkan melebihi.

Dari rencana komulatif sebesar 38,852% realisasinya mencapai 41,140%. “Artinya, proyek sudah lebih dari rencana. Dalam bahasa proyek, deviasinya mencapai 2,288%,” paparnya.

Terkait dengan pembangunan secara umum, Feriyanti menjelaskan, gedung 10 lantai dengan nilai anggaran Rp82 miliar sudah berdiri. Saat ini proses sudah pemasangan dinding bata ringan, dinding partisi, rangka kaca stopsol keliling, lantai keramik dan instalasi. Feri optimistis proyek akan selesai sebelum tenggat waktu, bulan Desember mendatang. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *