Proyek Empat Pasar Tradisional Segera Masuk Lelang, Ini Pesan Untuk Para Pedagang

Pasar Kepuh di Kecamatan Nguter menjadi salah satu pasar tradisional yang akan dibangun Pemkab Sukoharjo.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Rencana pembangunan empat pasar tradisional tahun ini terus berlanjut. Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo sudah siap-siap melelang empat proyek tersebut. Lelang pengadaan empat proyek itu akan diumumkan secara online melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo, Sutarmo mengatakan, tahun ini ada empat pasar tradisional yang akan dibangun. Yakni Pasar Kepuh, Kecamatan Nguter; Pasar Purwo, Kecamatan Weru; Pasar Daleman, Kecamatan Baki; dan Pasar Plumbon di Kecamatan Mojolaban.

Dia menambahkan, rencana pembangunan itu sudah dilakukan sosialisasi kepada para pedagang yang bersangkutan. Menurutnya, selama sosialisasi banyak masukan dari pedagang. Seperti pasar baru nanti dilengkapi dengan mushola, tempat MC, bak sampah hingga permintaan memperbesar lokasi pasar.

“Saat sosialisasi banyak masukan dari para pedagang dan itu menjadi pertimbangan,” tutur Sutarmo, Kamis (12/4).

Sutarmo menjelaskan, proses lelang pembangunan empat pasar tradisonal tersebut diprediksi selesai pada bulan Juni nanti. Dengan demikian, proses pembangunan sudah bisa dilaksanakan pada bulan Juli. Sementara itu, selama pasar induk dibangun, pedagang akan menempati pasar darurat.”Mudah-mudahan proses lelang berjalan lancar dan tidak ada halangan selama proses pengerjaan,” jelas Sutarmo.

Terkait desain pasar baru nantinya, Sutarmo mengatakan, empat pasar tersebut hanya akan dibangun satu lantai. Sementara, bangunan lantai dua hanya akan digunakan sebagai kantor petugas pengelola pasar. “Desain hanya satu lantai,” imbuh Sutarmo.

Berdasarkan catatannya, di beberapa pasar tradisional yang sudah selesai dibangun masih ada pedagang memilih berjualan di luar pasar. Karena dalam setiap sosialisasi itu pihaknya berpesan pada pedagang untuk wajib masuk pasar setelah pembangunan selesai. Selama sosialisasi, imbuh Sutarmo, para pedagang di empat pasar tradisional tersebut sudah menyanggupi.

Seperti diketahui, Pemkab Sukoharjo Sukoharjo memiliki komitmen tinggi untuk pedagang pasar tradisional. Hal itu diwujudkan dengan melakukan pembangunan pasar tradisional sejak beberapa tahun lalu. Pasar yang sudah dibangun antara lain Pasar Ir Soekarno di Kecamatan Sukoharjo Kota, Pasar Jamu Nguter di Kecamatan Nguter, Pasar Mojolaban di Kecamatan Mojolaban, Pasar Tawangsari di Kecamatan Tawangsari, Pasar Tawangkuno di Kecamatan Weru, Pasar Gawok di Kecamatan Baki, serta Pasar Telukan dan Pasar Grogol di Kecamatan Grogol. (Sofarudin)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.