Ragam  

Protes Soal Bantuan Sosial Corona, Puluhan Warga Wironanggan Gatak Geruduk Balai Desa

Perwakilan warga saat ditemui Camat Gatak, Sumi Rahayu dan pejabat Muspika Gatak, Jumat (10/7/2020).

Sukoharjonews.com (Gatak) – Gara-gara bantuan sosial terkait corona, warga Desa Wironanggan, Gatak menggeruduk Balai Desa setempat, Jumat (10/7/2020). Warga datang menyoal penyaluran bantuan sosial pada warga terdampak corona tidak tepat sasaran, bahkan ada warga yang menerima bantuan dobel. Perwakilan warga yang datang pun menyodorkan data terkait bantuan yang telah disalurkan selama ini.



“Kami menemukan ada warga dalam satu Kartu Keluarga yang menerima dobel bantuan. Ini kan aneh,” jar perwakilan warga, Parmadi.

Pamadi juga menyoroti sikap kepala desa yang dinilai arogan dan tidak mau mendengarkan aspirasi dan keluhan warganya. Selama ini, ujatnya, sudah berulang kali warga menyampaikan laporan terkait tidak meratanya bantuan sosial tersebut. Hanya saja, keluhan warga tidak pernah didengar sehingga membuat warga akhirnya menggeruduk balai desa.

Hal senada disampaikan warga lainnya Sriyanti yang mengaku tidak mendapatkan bantuan sosial terkait corona. Padahal, warga di sekitarnya menerima bantuan tersebut. Sriyanti mengaku bingung karena merasa menjadi salah satu warga yang terdampak. Sriyanti mengaku suaminya seorang buruh dan anaknya berjualan hik dan tidak laku selama pandemi virus corona.

“Ada juga anak saya yang bekerja di pabrik dan masuknya saja oglongan,” ujarnya.

Warga berharap masalah data penerima bantuan diperbaiki sehingga bantuan bisa tepat sasaran dan menjadikan masalah di tengah masyarakat. Warga sendiri ditemui oleh Camat Gatak, Sumi Rahayu, Kapolsek Gatak AKP Yulianto, Danramil Arh. Eko Yanu, Kepala Desa (Kades) Wironanggan Dwi Sauratmanto dan BPD.

Seperti diketahui, awalnya warga berniat menggelar aksi demo terkait masalah tersebut. Namun, akhirnya hanya perwakilan warga saja yang kemudian mendatangi Balai Desa Wironanggan. Camat Sumi Rahayu sendiri menyatakan, data penerima bantuan ada yang sudah ditentukan oleh pemerintah pusat, ada juga yang berdasarkan pengajuan dari bawah. Aspirasi warga sendiri akan diteruskan ke Pemkab Sukoharjo. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *