Positif, Jembatan Gadingan Berupa Jembatan Gantung

Lokasi pembangunan jembatan Gadingan yang akan menghubungkan dengan Kampung Betob, Jebres, Solo.

Sukoharjonews.com (Mojolaban) – Pembangunan Jembatan Gadingan yang menghubungkan dengan Kampung Beton, Jebres, Solo segera direalisasikan. Paling cepat, pembangunan jembatan bisa dilakukan tahun depan. Tahun ini, Pemkab akan melakukan pembebasan lahan yang terkena proyek jembatan tersebut. Pemkab Sukoharjo sendiri memastikan jembatan yang akan dibangun berupa jembatan gantung.



“Beberapa waktu lalu sebelum Lebaran, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyampaikan perihal jembatan Gadingan. Saat itu, kementerian bertanya apakah tetap meminta jembatan permanen yang bisa dilalui roda empat atayu yang model gantung,” jelas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo Suraji, Rabu (11/7).

Jika jembatan permanen yang bisa dilalui roda empat, ujar Suraji, kemungkinan realisasi pembangunan akan lama karena diperlukan desain ulang jembatan. Jika model jembatan gantung, realisasi bisa dilakukan secepatnya karena desain sudah ada. Anggaran pembangunan jembatan di kementerian juga sudah tersedia.

Suraji kemudian melaporkan masalah tersebut ke Bupati Sukoharjo. Dengan berbagai pertimbangan akhirnya Pemkab Sukoharjo menyetujui jembatan dibangun dengan model jembatan gantung. Sebab, bila menggunakan jembatan besar yang bisa dilewati mobil membutuhkan waktu yang lebih lama. Sementara, bila menggunakan jembatan gantung akan lebih cepat realisasinya.

“Untuk anggaran pembangunan jembatan ditanggung pusat, sedangkan anggaran pembebasan lahan menjadi tanggungjawab Pemkab,” ujar Suraji.

Untuk anggaran pembebasan lahan sendiri akan diajukan dalam Perubahan APBD 2018. Sedangkan untuk lahan yang dibebaskan, dari peninjauan lokasi kemungkinan ada satu rumah yang terkena proyek jembatan. Untuk luas lahan milik warga yang terkena proyek, Suraji mengaku masih dalam pendataan. “Embrio jalannya sudah ada jadi semakin mudah,” pungkasnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *