Pleno PPK Dimulai, Hari Ini PPK Baki, Bendosari dan Polokarto

Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo. (Ilustrasi)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Tahapan pemilu berupa rapat pleno rekapitulasi suara tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mulai berjalan, Jumat (19/4). Ada tiga PPK yang menggelar rapat pleno rekapitulasi pada hari ini, yakni PPK Baki, Bendosari, dan Polokarto. Sesuai tahapan yang ada, pleno rekapitulasi tingkat PPK dimulai 19 April hingga 3 Mei. Hasil rekapitulasi dari PPK ke KPU pada 20 April hingga 4 Mei.



Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda menyampaikan, terkait tahapan rekapitulasi penghitungan suara diatur dalam dalam PKPU Nomor 7 Tahun 2019 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019. “Untuk hari Jumat (19/4) ini ada tiga PPK yang menggelar pleno dan ada juga yang menggelar pleno hari Sabtu (20/4) besok,” ujar Nuril.

Menurutnya, sesuai rencana, PPK yang akan menggelar pleno rekapitulasi pada Sabtu (20/4) adalah PPK Weru, Tawangsari, Bulu, Gatak, Grogol, Sukoharjo, Mojolaban, dan Nguter. Sedangkan untuk PPK Kartasura dijadwalkan baru menggelar pleno pada 21 April mendatang. Sedangkan pleno rekapitulasi tingkat KPU dijadwalkan mulai 21 April hingga 6 Mei. Untuk penyampaikan hasil pleno rekapitulasi tingkat KPU ke KPU provinsi sendiri dijadwalkan 22 April hingga 7 Mei.

“Untuk KPU Sukoharjo sendiri baru menggelar pleno rekapitulasi setelah semua PPK selesai menggelar pleno dan menyampaikan hasilnya ke KPU. Setelah itu baru kami mengagendakan menggelar pleno. Biar PPK selesai dululah,” ujarnya.

Dia menambahkan, pleno rekapitulasi yang digelar PPK maupun KPU nanti sifatnya terbuka. Untuk itu, masyarakat bisa menyaksikannya. Yang jelas, untuk pleno sendiri harus dihadiri oleh saksi, baik itu saksi untuk Pilpres maupun saksi untuk Pileg. Nuril berharap pleno tingkat PPK dilakukan sesuai prosedur tetap (protap) yang sudah ada sehingga tidak menimbulkan masalah saat pleno di tingkat KPU. (erlano putra)



Rate this post

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed