PKS Sukoharjo Penjaringan Caleg Pemilu 2024, Target Kursi Naik Tiap Dapil

Ketua DPD PKS Sukoharjo, Sigid Budi Raharjo (tengah_ bersama Sekretaris Tito Setiyo Nugroho dan Bendahara, Siti Zakiyatun Ni’mah.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – DPD PKS Kabupaten Sukoharjo melakukan penjaringan calon legislatif (caleg) untuk pemilu 2024 mendatang. Dalam penjaringan ini, PKS menjaring 200% jumlah caleg di setiap daerah pemilihan (dapil). Setelah penjaringan, akan dilakukan penyaringan dan dikerucutkan menjadi 100% caleg setiap dapil.



“Penjaringan sudah kami lakukan dan saat ini sudah kami sampaikan ke DPW dan DPP, prosesnya memang seperti itu,” jelas Ketua DPD PKS Sukoharjo, Sigid Budi Raharjo usai berbuka puasa bersama wartawan, Sabtu (9/4/2022).

Sigid melanjutkan, DPP akan mengeluarkan SK penjaringan ke DPD untuk dilakukan penyaringan. Dalam tahap penjaringan, PKS menjaring 200% caleg di masih-masing dapil dimana kemudian dilakukan penyaringan menjadi 100% tiap Dapil.

Disinggung untuk target kursi DPRD di pemilu 2024, Sigid mengaku selama ini perjalanan PKS sejak awal ikut pemilu selalu naik turun. Pada pemilu pertama yang diikuti dapat satu kursi, kemudian naik lima kursi, lalu turun jadi empat kursi, turun lagi jadi satu kursi dan kembali mendapat lima kursi di pemilu 2019.

“Kita ingin di pemilu 2024 tidak jatuh lagi, bahkan ada peningkatan kursi di setiap dapil,” ujarnya.

Saat ini, ujar Sigid, PKS memiliki lima kursi di DPRD yang artinya di setiap dapil mendapatkan satu kursi. Untuk itu, dalam pemilu 2024 nanti diharapkan setiap dapil bisa menambah kursi kembali. “Kalau potensi penambahan mungkin di Dapil 1, 3, dan Dapil 5, tapi kami harapannya ada penambahan di tiap dapil,” ujarnya.

Sigid juga mengatakan, dalam proses penjaringan ini dimungkinkan ada anggota DPRD yang dinilai sudah saatnya naik kelas sebagai caleg provinsi atau pusat. “Soal siapanya masih menunggu karena masih penjaringan, suara-suara dari kader, pengurus ditampung semua dan saat ini bola ada di DPP,” katanya.

Disinggung apakah ada batasan berapa periode menjabat anggota DPRD tingkat kabupaten hingga diputuskan untuk naik kelas, Sigid mengaku tidak ada batasannya. Namun, semua itu akan diputuskan dalam proses penjaringan yang telah dilakukan. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.