Pilkades Blimbing Gatak Sempat Ricuh Meski Akhirnya Berakhir Damai

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya saat meninjau proses pemungutan suara Pilkades serentak di Desa Makamhaji, Kartasura, Selasa (11/12).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) Pelaksanaan pemungutan suara Pilkades di 125 desa secara umum berjalan lancar. Meski begitu, sempat muncul kericuhan di Desa Blimbing Kecamatan Gatak karena ada panitia Pilkades yang ketahuan melakukan pencoblosan lebih dari satu kali. Namun, setelah dilakukan musyawarah, akhirnya masalah tersebut bisa diselesaikan dengan mediasi yang dilakukan oleh unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika).

Dari informasi yang terhimpun di Desa Blimbing, awalnya salah satu panitia pemungutan suara di TPS 1 SDN Blimbing 2 Triyanto, 50, melakukan pencoblosan atas namanya sendiri dan juga adiknya Slamet Mulyono, 46, yang berkebutuhan khusus. Namun, saat memasukkan surat suara ke dalam kotak, Triyanto ketahuan membawa surat suara lainnya dan dilihat oleh saksi.

Setelah itu, panitia mengambil keputusan Triyanto hanya boleh memasukkan satu surat suara dan satu surat suara lainnya disobek sebagai suara tidak sah. Kejadian tersebut sempat menimbulkan kericuhan karena warga tidak terima dengan kejadian tersebut. Akhirnya semua pihak dikumpulkan untuk musyawarah dipimpin Camat Gatak Sumi Rahayu.

Musyawarah menghasilkan kesepakatan panitia yang terlibat kecurangan tidak diikutkan dalam penghitungan suara, barang bukti surat suara yang dibawa pelaku ditunjukkan pada semua calon dan bisa menerimanya. Selain itu, Triyanto juga diberi sanksi oleh Panwas Pilkades dan apabila memungkinkan ditempuh jalur hukum karena perbuatan pelaku diduga disengaja.

Disisi lain, secara umum pelaksanaan Pilkades serentaj di 125 berjalan lancar dan aman. Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya usai melakukan pantauan mengaku Pilkades berjalan lancar. Selain itu, tingkat partisipasi masyarakat juga cukup tinggi. “Secara umum berjalan lancar, kalau muncul masalah bisa diselesaikan di wilayah masing-masing,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi yang mengaku pelaksanaan pemungutan suara dalam Pilkades serentak berjalan dengan baik. Tidak muncul gesekan atau konflik di desa yang menyelenggarakan Pilkades. “Kami terus pantau hingga proses pemungutan dan penghitungan suara selesai,” ujarnya. (erlano putra)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments