Peserta Tes CPNS Yang Lolos SKD Tidak Sesuai Harapan

Seleksi CPNS Sukoharjo.-ilustrasi. (Tribunnews.com)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Jumlah peserta seleksi CPNS di Kabupaten Sukoharjo yang menyusut tajam. Pasalnya, dari 5.433 peserta yang mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di Sragen beberapa waktu lalu, hanya 267 peserta yang berhasil lolos. Jumlah tersebut jauh dari jumlah formasi yang dibuka oleh Pemkab Sukoharjo yang membuka 407 formasi. Selanjutnya, peserta yang lolos SKD tersebut masih harus mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).



Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa mengatakan, tahap awal penerimaan calon ASN sudah selesai digelar usai seleksi SKD di Dragen beberapa hari lalu. Hasilnya, diketahui tidak semua formasi yang disediakan Pemkab Sukoharjo terisi. Bahkan, jumlah peserta yang lolos pun jauh dari jumlah formasi yang dibutuhkan. “Yang lolos SKD hanya 267 peserta, itupun masih harus mengikuti tahap seleksi berikutnya, yakni SKB,” terang Agus.

Diakui Agus, dalam seleksi CPNS 2018 ini, kendala yang dihadapi daerah sama dengan pusat karena formasi yang terisi hanya sekitar 5% saja. Agus sendiri mengaku cukup kaget dengan hasil SKD tersebut karena hanya meloloskan 267 peserta saja. Itupun, peserta yang lolos SKD belum tentu lolos sebagai CPNS karena masih akan mengikuti tahap selanjutnya berupa SKB.

Pada tahap SKB nanti, ujar Agus, diperkirakan jumlah peserta yang lolos akan semakin sedikit dengan asumsi ada peserta yang gagal lolos. Terkait hal itu, Agus mengaku daerah tidak bisa berbuat apa-apa karena kewenangan seleksi CPNS semuanya oleh pusat. Termasuk soal “passing grade” nilai penentu kelulusan seleksi SKD beberapa waktu lalu.

“Memang ada keluhan passing grade terlalu tinggi dan memberatkan peserta seleksi. Tapi, sekali lagi kewenangan ada di BKN,” ujarnya.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Sukoharjo Joko Triyono juga belum bisa memastikan berapa formasi CPNS yang akan terisi. Pasalnya, tahapan seleksi CPNS belum selesai. Yang jelas, jumlah peserta yang lolos SKD beberapa waktu lalu hanya 267 peserta. “Kalau formasi yang dibutuhkan Sukoharjo belum berisi, ya dibiarkan kosong sampai ada rekrutmen kembali,” ujarnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments