Persiapan Hadapi Ramadan Pantauan Harga Kebutuhan Diintensifkan

Tim gabungan melakuksan sidak harga kebutuhan pokok masyarakat di pasar tradisional beberapa waktu lalu.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Menjelang Ramadan, Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop dan UKM) Sukoharjo semakin mengintensifkan pantauan harga kebutuhan pokok masyarakat. Pantauan perlu diintensifkan untuk mewaspadai terjadinya lonjakan harga diluar kewajaran. Jika sampai hal itu terjadi, dinas dan instansi terkait akan melakukan langkah-langkah antisipasi.



Kepala Disdagkop dan UKM Sukoharjo Sutarmo mengatakan, pelaksanaan Ramadan memang masih bulan Mei mendatang dan Lebaran di bulan Juni. Namun, pemerintah pusat sejak awal sudah memerintahkan semua daerah untuk melakukan persiapan. Salah satu bentuknya yakni pemantauan dan laporan data perkembangan stok dan harga kebutuhan pangan.

“Daerah lantas mengintensifkan pemantauan harga meski selama ini pantauan sudah rutin kami lakukan,” ujar Sutarmo, Selasa (27/3).

Dikatakan Sutarmo, sasaran utama pantauan adalah pasar tradisional, distributor dan pengecer atau pedagang pasar tradisional. Hal itu dilakukan untuk memastikan distribusi, stok dan harga normal atau terjangkau.
Dalam pemantauan tersebut, dinas melibatkan petugas dari instansi lain salah satunya Polres Sukoharjo. Pelibatan aparat dilakukan sebagai bentuk pengawasan bersama sekaligus penindakan terhadap pihak yang melakukan pelanggaran hukum.

Menurutnya, dari hasil pemantauan sementara, diketahui belum ada temuan masalah. Sebab, baik stok maupun harga masih normal dan belum ada gejolak. Kepastian tersebut diketahui setelah data laporan dari petugas disemua pasar tradisional. “Pemerintah pusat sudah jelas instruksinya agar tidak terjadi masalah berupa gangguan stok dan harga bahan kebutuhan pokok pangan,” ujar Sutarmo.

Untuk harga kebutuhan bahan pokok sendiri, bisa di klik disini.

Sedangkan Wakapolres Sukoharjo Kompol M Ifan Hariyat mengatakan, pemantauan terhadap kebutuhan pokok pangan sudah rutin dilakukan petugas di jajaran Polres Sukoharjo. Polsek melakukan pengecekan dengan mendatangi langsung pasar tradisional di masing-masing wilayah. Pemantauan semakin diintensifkan menjelang Ramadan sampai Lebaran nanti.

“Sudah ada tim khusus dari Polres Sukoharjo soal pemantauan kebutuhan pokok masyarakat. Nanti akan semakin diintensifkan menjelang Ramadan dan Lebaran,” tambahnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.