Perlu Tahu ini Manfaat Retinol untuk Kulit

Manfaat retinol.(Foto:Cewek banget)

Sukoharjonews.com – Retinol adalah salah satu bentuk dari vitamin A yang dapat ditemukan dalam makanan dan sering digunakan dalam produk perawatan kulit wajah, terutama yang bertujuan sebagai antipenuan atau anti-aging. Manfaat retinol adalah dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit serta mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan garis halus.


Dilansir dari Siloam Hospital, Jum’at (14/6/2024), fungsi retinol untuk wajah juga dapat membantu mengatasi masalah kulit, seperti jerawat dan hiperpigmentasi. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan retinol perlu dilakukan dengan hati-hati karena bisa menyebabkan iritasi kulit dan sebaiknya dihindari selama masa kehamilan dan menyusui.

Mari simak lebih lanjut mengenai manfaat retinol dan efek samping retinol, serta cara menggunakan retinol dengan aman melalui ulasan di bawah ini.

Apa itu Retinol?
Retinol adalah salah satu jenis retinoid, yaitu turunan vitamin A. Kandungan ini dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan, mulai dari menunda tanda penuaan hingga meratakan warna kulit. Bahkan, manfaat retinol bisa didapatkan dengan cepat jika penggunaannya dilakukan secara tepat.

Retinol kerap digunakan sebagai bahan aktif dalam produk perawatan kulit. Konsentrasi retinol dalam produk perawatan cukup beragam, mulai dari 0,01–3%. Produk retinol dengan konsentrasi rendah biasanya dapat dibeli tanpa resep dokter di toko kosmetik atau apotek.


1. Menunda Tanda Penuaan
Kulit memerlukan kolagen agar kepadatan dan elastisitasnya terjaga. Sayangnya, produksi kolagen akan mengalami penurunan seiring bertambahnya usia. Dalam hal ini, fungsi retinol adalah meningkatkan produksi kolagen, sehingga memperlambat timbulnya tanda-tanda penuaan.

Selain itu, retinol juga bekerja dengan menghalau paparan sinar UV yang berlebihan pada wajah, sehingga diyakini bisa membantu memudarkan flek hitam di wajah akibat penuaan dan mengurangi actinic keratosis, yaitu bintik kulit yang dapat memicu kanker.

2. Mengatasi Jerawat
Manfaat retinol untuk wajah berikutnya adalah bisa mengatasi masalah jerawat sedang hingga parah. Bahan aktif ini memiliki kemampuan untuk membersihkan tumpukan minyak, keringat, sisa make up, dan kotoran yang kerap menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat.


3. Mengurangi Hiperpigmentasi
Manfaat lain dari retinol adalah mengurangi hiperpigmentasi yang menyebabkan warna kulit tidak merata. Hiperpigmentasi sendiri merupakan kondisi munculnya bercak gelap pada kulit yang umumnya dipicu oleh paparan sinar matahari terlalu lama atau bekas jerawat yang tak kunjung pudar.

4. Melembapkan dan Memperbaiki Tekstur Kulit
Siklus regenerasi kulit secara alami biasanya membutuhkan waktu hingga 3–4 minggu, dan akan semakin lama seiring bertambahnya usia. Akibatnya, kulit lebih mudah menjadi kering dan kasar. Dalam hal ini, penggunaan retinol akan bermanfaat mempercepat regenerasi kulit, sehingga wajah selalu tampak cerah dan sehat. Bahan aktif ini juga mampu meningkatkan kelembapan kulit dan membuatnya terasa lebih halus.

5. Mengobati Rosacea
Rosacea adalah masalah kulit yang ditandai dengan kemerahan pada kulit. Retinol dapat membantu mengobati rosacea dengan cara membuat aliran darah lebih lancar, sehingga kulit lebih sehat. Namun, penggunaan retinol untuk mengatasi masalah kulit ini perlu dilakukan secara perlahan, yaitu 1–2 kali seminggu. Anda disarankan berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter sebelum mencoba manfaat retinol yang satu ini.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *